Cara Membuat Komik Digital (File CBR)

Bagi yang memiliki banyak koleksi foto atau bagi penggemar komik, manga, gambar-gambar yang lain, mungkin agak merepotkan jika jumlah foto-foto atau komik itu sudah puluhan atau ratusan ribu. Cara meringkas penyimpanannya, biasanya ya dengan mengcompressnya menjadi file rar ataupun zip. Tapi cara itu kadang tidak praktis, khususnya bagi yang sering membuka-buka file-file itu. Apa harus tiap mau lihat diextract, trus dicompress lagi, extract, compress, dst? Kan tidak efisien, apalagi jika gambar-gambarnya berukuran besar…

Nah, cara meringkasnya, compress saja gambar-gambar itu ke dalam satu file berformat cbr. Ini adalah ekstensi file CDisplay, yaitu software untuk membaca komik digital. Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja. Silakan compress foto-foto/gambar/komik yang diinginkan, menjadi file rar atau zip, dengan menggunakan Winrar. Lalu ubah ekstensi file rar/zip tersebut menjadi cbr (ubah namanya). Nah, jadi.

Tapi… bagaimana cara membaca file itu? Dengan software CDisplay tentunya. Silakan download di sini…

CDisplay tidak hanya bisa membuka file .cbr, lho. File berekstensi .zip atau .rar pun bisa dibuka dengan software ini. Caranya dengan klik kanan pada file .zip atau .rar yang ingin dibuka, lalu pilih open with, dan pilih CDisplay. Bisa juga melalui CDisplay yang sudah dijalankan. Pilih menu File, pilih Load Files, lalu cari file yang akan dibuka.

7 Responses to Cara Membuat Komik Digital (File CBR)

  1. After study just a few of the blog posts in your website now, and I actually like your means of blogging. I bookmarked it to my bookmark website record and will be checking back soon. Pls take a look at my website online as well and let me know what you think.

  2. this is really cool, I like here! welcome to visit my site: http://www.cheaplouisvuittonreplica2012.com/

  3. Baby Fatty Face says:

    Cool .really interesting for me 😀
    But I have a problem,,

  4. makasih nih min, saya jadi tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat