Menulis Cepat di HP dengan Menggunakan Dictionary/Kamus

Bagi kebanyakan pemakai hp, mungkin mereka lebih nyaman memakai hp dengan keypad Qwerty, karena menurut mereka, dibanding dengan keypad konvensinal, tombol Qwerty memiliki keunggulan. Apalagi selain kemudahan proses mengetik. Sekali pencet, huruf yang kita ketik sudah muncul. Berbeda dengan tombol konvensioal yang harus beberapa kali ketik, misalnya jika ingin mengetik huruf C, kita harus menekan angka 2 sebanyak tiga kali. Tapi sekali lagi itu “bagi mereka”. Bagi saya pribadi, tombl konvensional justru jauh lebih nyaman dibanding tombol Qwerty. Bahkan dalam soal mengetik, saya berani beradu cepat dengan mereka yang memakai tombol Qwerty. Kok bisa?

Dalam hal kenyamanan, tombol konvensional memiliki keunggulan: bisa digunakan hanya dengan satu tangan, sedangkan tombol Qwerty memerlukan dua tangan. Ini memungkinkan kita untuk mengetik kapan saja dan sedang melakukan apa saja selama ada satu tangan yang ‘menganggur’. Misalnya sedang makan, kita bisa makan menggunakan tangan kanan sambil mengetik menggunakan tangan kiri. Kita juga bisa asyik mengetik ketika dalam posisi tidur miring, yang susah dilakukan jika menggunakan tombol Qwerty. Itu saja keunggulannya? Tentu saja bukan itu yang akan saya bahas, tetapi keunggulan berikutnya, yaitu dalam hal kecepatan mengetik. Agar bisa ngebut dalam mengetik, kita bisa mengggunakan fitur “Dictionary”, atau “Kamus” dalam bahasa Indonesia.

Apa itu fitur Kamus? Saya yakin, di antara sekian juta pengguna handphone, tidak banyak yang mengerti apa kegunaan Kamus di hp mereka. Itu sudah saya buktikan di antara teman-teman saya sendiri. Fitur ini biasanya selalu ada di hp dengan tombol konvensional, dan tidak ada di hp Qwerty. Untuk tahu kegunaan dan cara menggunakannya, silakan aktifkan fitur Kamus anda. Bisa kita lihat di Pengaturan Penulisan SMS, kita pilih Penulisan Bahasa, silakan pilih bahasa apa yang akan kita pakai. Saya tidak cantumkan detail letak pengaturan ini, karena setiap tipe hp memiliki letak pengaturan di submenu yang berbeda.

Jika sudah aktif, perhatikan tulisan Abc, ABC, atau abc yang ada di dekat kotak pengetikan. Akan ada perubahan di situ: tulisan itu akan diawali dengan dua tanda titik dan garis sejajar. Itu tandanya fitur Kamus sedang aktif. Bagaimana cara menggunakannya? Fitur Kamus atau Dictionary digunakan dengan cara mengetik satu kali saja tombol yang mengandung huruf yang kita inginkan. Bingung juga menjelaskannya. Langsung saja saya beri contohnya biar mudah…..

Di sini kita akan menggunakan Bahasa Indonesia. Coba anda ketik kata “saya” dengan cara biasa, yaitu tekan angka 7 empat kali, tekan angka 2 satu kali, angka 9 tiga kali, dan angka 2 satu kali. Apa hasilnya? Berantakan bukan? Ya, memang berantakan, karena bukan begitu cara mengetik menggunakan kamus. Dengan menggunakan Kamus, cara mengetik kata “saya” adalah dengan menekan angka 7, 2, 9, dan 2 masing-masing hanya SATU kali. Lihat hasilnya. Simple bukan?

Sampai di sini masih ada yang belum mengerti? Kita lihat contoh lain. Jika ingin mengetik kata “mengapa”, kita cukup mengetik angka 6, 3, 6, 4, 2, 7, 2 masing-masing hanya SATU kali. Nah, mudah kan?

Berikut tips tambahan:

– Jika ada kata yang kita inginkan tetapi tidak tersedia di Kamus, maka akan muncul tulisan “Spell?” atau “Eja?” dalam Bahasa Indonesia.

– Di beberapa hp versi baru, kita juga bisa memesukkan perbendaharaan kata kita sendiri.

– Untuk membuat spasi, seperti biasa, tekan tombol spasi (angka 0 untuk hp Nokia).

– Ada kalanya kata yang muncul berbeda dengan kata yang kita inginkan. Misalnya kita ingin mengetik kata “mala”, kita tekan angka 6, 2, 6, 2, tetapi ternyata hasilnya kata “maka”. Bagaimana ini? Mudah kok. Tekan saja tombol bintang (*) beberapa kali, maka kata “maka” itu akan berubah.

– Selanjutnya, jika ingin me-nonaktifkan atau mengaktifkan lagi Kamus, kita tinggal menekan tombol pagar (#) beberapa kali.

 

2 Responses to Menulis Cepat di HP dengan Menggunakan Dictionary/Kamus

  1. fatty baby face says:

    usefull 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat