Salakanagara, Kerajaan Pertama di Indonesia

Salakanagara? Kerajaan mana itu? Dulu selama mempelajari sejarah di sekolah, saya tidak pernah mendengar nama itu. Mungkin sama halnya dengan sebagian besar pembaca. Ya, karena memang kerajaan ini tidak pernah disebut dalam kurikulum Pelajaran Sejarah di sekolah, setidaknya di buku-buku yang pernah baca. Di buku-buku sejarah, setiap membahas sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia, yang pertamakali disebut pastilah Kerajaan Kutai di Kalimantan. Tapi tahukah anda jika kerajaan pertama di Indonesia sebenarnya adalah Kerajaan Salakanagara?

Berdasarkan naskah Wangsakerta, kerajaan Salakanagara adalah kerajaan pertama di Indonesia, yang berdiri pada tahun 130-362 Masehi (Kerajaan Kutai baru berdiri pada abad ke 7 Masehi). Kerajaan  ini terletak di tanah Banten, dan selanjutnya menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan Salakanagara didirikan oleh Dewawarman, seorang perantau dari India yang menetap setelah menikah dengan putri penghulu setempat yang bernama Aki Tirem, sang putri bernama Dewi Pwahaci Larasati. Sepeninggal Aki Tirem, kekuasaan diserahkan kepada sang menantu, Dewawarman, yang kemudian mendirikan Kerajaan Salakanagara (Negeri Perak) dan beribukota di Rajataputra.

Akan tetapi, sumber cerita Kerajaan Salakanagara ini, yaitu Naskah Wangsakerta, sangat diragukan keasliannya. Mungkin inilah sebabnya kerajaan ini tidak pernah dimasukkan dalam kurikulum pelajaran sejarah.

Untuk lebih lengkapnya silakan baca di Wikipedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat