Cara Menyelesaikan Void Cube (Rubik Bolong)

Apa itu rubik bolong? Hehe… Itu hanya terjemahan bebas saya sendiri. Nama sebenarnya Void Cube. Itu lho, rubik yang tidak mempunyai center. Jadi rubik ini hanya memiliki edge-edge dan corner-corner. Bagaimana ya cara menyelesaikannya? Jika rubik biasa diselesaikan dengan langkah awal membentuk cross, lalu bagaimana cara membuat cross tanpa center??

Tidak usah bingung, cara menyelesaikan rubik ini hampir sama dengan menyelesaikan rubik biasa. Bedanya, jika pada rubik biasa membuat cross mengikuti center, maka pada rubik ini berpedoman pada warna sisi-sisi rubik. Kita harus mengingat warna dari masing-masing sisi. Warna standar dari rubik adalah:

Depan: Biru

Kanan: Merah

Kiri: Orange

Atas: Kuning

Bawah: Putih

Belakang: Hijau

Tentu saja warna-warna itu bisa terbalik-balik tergantung mana yang anda letakkan di depan, bawah, dsb.Dan juga, kita harus perhatikan void cube yang kita pegang, apakah mengikuti warna standar atau tidak. Jika tidak ya hapalkan sendiri.

Oke, kita mulai menyelesaikan rubik ini.

Pertama-tama buatlah “cross” tanpa center (tentu saja tanpa center). Cara meletakkan edge-edge pada cross yaitu dengan mengurutkan posisi warna (misalnya depan biru, kanan merah, dst sesuai posisi warna yang benar)

Langkah selanjutnya seperti halnya menyelesaikan rubik biasa. Jika anda sudah terbiasa menyelesaikan rubik pasti mudah menyelesaikan rubik bolong ini.

Hanya saja, tidak selamanya rubik bolong yang kita susun sesuai rumus akan menemukan hasil. Ada kalanya anda menemukan dua piece rubik yang tertukar dan tidak bisa diselesaikan dengan rumus-rumus rubik yang ada. Para rubikers menyebutnya sebagai Parity Error. Jika ini terjadi, maka anda harus memutar layer paling bawah (layer pertama) dan mengulangi lagi menyusun layer kedua dan setrusnya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat