Melindungi File Agar Tidak Bisa Diakses dari Situs Lain

Menjengkelkan memang jika kita capek-capek lalu meng-upload file, lalu orang lain dengan seenaknya menumpang dengan menggunakan direct link ke situsnya. Apalagi jika file itu adalah hasil buatan sendiri, pasti kita lebih tidak rela. Dan parahnya direct link itu (tentu saja) bisa memakan bandwith hosting kita. Bagi yang bendwithnya terbatas sudah jelas kerugiannya. Selain itu koneksi juga akan terpengaruh karena banyaknya akses ke hosting kita. Lalu bagaimana cara mengatainya? Agar file-file kita aman dari direct link, kita bisa kok mengamankannya.

Caranya yaitu dengan menggunakan fasilitas HotLink Protection yang disediakan hosting kita. Baiklah. mari kita ikuti langkah-langkahnya……..

– Masuklah ke akun cPanel anda.

– Masuk ke menu HotLink Protection.

Berikut tampilannya…

– Pada kotak “URLs to allow acces”, silakan isi dengan domain anda. Cantumkan juga subdomain jika anda memiliki subdomain. Kita tidak perlu mencantumkan URL setiap halaman posting.

– Pada kotak “Block direct access for these extensions“, silakan isi dengan ekstensi file yang anda ingin tidak bisa diakses orang dari situs lai. Misalnya anda memiliki file video berekstensi avi agar tidak bisa didownload dari situs lain, maka cantumkanlah ekstensi avi di situ. Silakan tulis ekstensi-ekstensi yang anda kehendaki dengan tanda koma sebagai pemisah.

– Pada kotak “Redirect request to this URL isi dengan URL halaman yang anda inginkan untuk dituju jika seseorang mencoba membuka file yang sudah dilindungi tadi. Misalnya jika kita isi dengan URL http://www.asal2ann.com, ketika seseorang mencoba membuka file yang sudah dilindungi, maka bukannyafile itu yang terbuka/terdownload, tapi dia justru akan menuju ke http://www.asal2ann.com. Anda bisa mengisinya dengan halaman homepage anda, atau membuat halaman sendiri untuk memberinya peringatan, misalnya halaman bertuliskan “File ini tidak bisa diakses dari situs lain silakan buka dari http://www.gunsenpai.com.”

– Setelah terisi semuanya, klik “Submit”.

– Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat