WayBackMachine: Melihat Website Jadoel dengan Mesin Waktu

Dari semua website yang pernah ada di dunia ini, tidak semuanya bertahan lama dan survive sampai sekarang. Banyak di antaranya yang tinggal sejarah, baik itu karena masalah hukum, ‘gulung tikar’, atau memang pemilik website berniat meninggalkannya. Ada yang ingat geocities.com? Netter-netter baru mungkin tidak tahu, tapi tidak begitu dengan netter lama. Coba buka geocities.com.

Ya, situs itu memang sudah ditutup sejak tahun 2009. Ada yang kangen dengan situs-situs lama yang sudah tutup? Atau situs-situs yang masih eksis tapi sudah berubah-ubah tampilan? Kita bisa kok melihat-lihat arsip sejarah situs yang pernah ada. Buka saja WayBackMachine. Di situ kita bisa melihat-lihat tampilan website-website lama, baik yang sudah tutup maupun yang sampai sekarang masih ada. Mungkin juga anda ingin membuka kenangan lama dengan tampilan website anda dahulu kala? Mungkin saja WayBackMachine juga merekam isi website anda. Tapi tentu saja, lagi-lagi, tidak ada yang sempurna. WayBackMachine tidak merekam semuanya. hanya pada tanggal-tanggal tertentu saja arsip suatu website tersimpan di pusat data mereka. Tapi tidak apalah, itu juga sudah cukup memuaskan…….

Oh ya… buat yang ingin kembali ke masa lalu dalam dunia nyata, silakan baca artikel ini: Lorong Waktu Itu Memang Nyata, Lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat