Cara Membaca Tab Gitar

Tab gitar adalah notasi yang dipergunakan untuk membaca not-not sehingga seseorang bisa menuliskan musik dan orang lain bisa membacanya. Tab gitar terdiri atas gambar senar-senar gitar dan grip yang harus ditekan pada gitar, yang diwakili dengan angka-angka. Berikut ini contohnya:

Gambar di atas adalah tab gitar intro lagu Aku Milikmu milik Dewa 19 yang saya buat. Cara membacanya adalah:

Huruf E-B-G-D-A-E menunjukkan nada senar pertama, kedua, dst tanpa ditekan (stem standard).

Garis-garis menunjukkan senar pertama sampai ke enam.

Angka-angka menunjukkan pada grip ke berapa senar harus ditekan dan di petik. Angka 1 berarti senar harus ditekan pada grip 1, angka 2 berarti senar harus ditekan pada grip 2, dst… Angka 0 berarti senar tidak perlu ditekan.

Urutan dari membaca tab gitar adalah dari kiri ke kanan.

Pada contoh di atas, senar yang harus dipetik pertama kali adalah senar ke 5 tanpa menekannya, kemudian senar ke 3 ditekan pada grip ke 2, lalu senar ke 2 tanpa ditekan, dan seterusnya, berurutan dari kiri ke kanan…….

Untuk menentukan tempo berapa lama suatu nada dibunyikan, terkadang penulis tab menambahkannya dengan memanjang-pendekkan jarak antar angka. Pada contoh di atas saya tidak menyertakan tempo nada, karena lumayan repot menginterpretasikan nada ke tulisan (baca: malas). Contohnya adalah:

1-2—3-1—-3–

Notasi di atas bisa diartikan:

Grip ke 1 sepanjang 1 ketukan

Grip ke 2 sepanjang 3 ketukan

Grip ke 3 sepanjang 1 ketukan

Grip ke 1 sepanjang 4 ketukan

Grip ke 3 sepanjang 2 ketukan

Penulisan tempo ini bisa saja berbeda setiap orang, tergantung siapa penulisnya. Jika penulisan tab tidak disertai dengan notasi tempo mungkin akan menjadi masalah bagi pembaca tab itu. Tapi itu tidak akan terjadi jika pembaca sudah tahu dan pernah mendengar nada yang tertulis di situ.

Selain notasi untuk tempo, ada juga notasi untuk teknik-teknik gitar lainnya yang belum bisa saya tulis (baca: belum cukup ilmu). Lain kali saja ya šŸ˜€

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat