Menampilkan Konfirmasi Delete Saat Menghapus File

Recycle Bin atau jika diterjemahkan bebas bisa diartikan sebagai tempat sampah yang bisa didaur ulang, memang adalah semacam tempat sampah yang menampung file-file yang sudah dihapus. Secara default, Windows memindahkan file-file yang dihapus ke Recycle Bin, jadi file-file itu tidak benar-benar dihapus. File-file tersebut bisa dikembalikan saat dibutuhkan atau si penghapus berubah pikiran. Ini juga sangat berguna jika terjadi kecelakaan, yaitu menghapus file tanpa sengaja.

Bagaimana agar file yang dihapus langsung ter-delete permanen tanpa berpindah ke Recycle Bin? Caranya yaitu dengan menekan tombol Shft+Delete bersamaan saat menghapus.

Bukan hanya itu saja upaya Windows untuk memberi rasa aman pada para pamakainya. Secara default, pada saat menghapus file akan muncul pesan konfirmasi yang mananyakan apa kita yakin akan menghapus file bersangkutan.

Namun bagaimana jika pesan konfirmasi itu tidak muncul? Ini tentunya berbahaya jika kita menghapus file tanpa sengaja. Jika ketidaksengajaan itu langsung disadari mungkin bisa langsung dikembalikan dari Recycle Bin. Namun bagaimana jika hal itu tidak disadari hingga beberapa hari kemudian kebingungan mencari-cari file yang padahal sudah terhapus?

Tidak munculnya pesan konfirmasi saat menghapus file bisa terjadi karena ketidaksengajaan ataupun karena virus. Sebenarnya kita bisa menampilkan ataupun menghilangkannya semau kita. Caranya yaitu:

  • Klik kanan pada Recycle Bin, lalu pilih Properties.
  • Pada jendela Properties yang muncul, perhatikan tanda di samping tulisan “Display delete confirmation dialog”. Untuk memunculkan pesan konfirmasi penghapusan, beri ceklis pada tanda itu. Sebaliknya, jika kita ingin pesan itu tidak muncul, hilangkan ceklis pada tanda itu.
  • Klik OK.
  • Selesai.

 

.

 

2 Responses to Menampilkan Konfirmasi Delete Saat Menghapus File

  1. TeknoBIT says:

    Sebenarnya lebih baik yang mana gan, konfirmasinya dibiarin atau dihilangin aja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat