Menghilangkan Update Windows saat Shutdown atau Restart

Pada Windows versi terdahulu, pemakai komputer bisa mengupdate Windows-nya secara manual, yaitu tergantung pemakai, mau update atau tidak. Namun pada Windows 8, update Windows dilakukan secara otomatis tanpa ada perintah. Bahkan sebaliknya, jika Windows sudah waktunya update, kita tidak bisa membatalkannya.

Jika Windows sudah saatnya update, maka saat akan mematikan komputer, di menu Shut Down yang normalnya terdiri dari Sign Out, Sleep, Shut Down, Restart akan berubah menjadi Sign Out, Sleep, Update and Shutdown, Update and Restart. Jadi, untuk mematikan komputer kita harus melalui proses update yang tentunya lumayan lama. Hal ini tentu saja menjengkelkan. Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut adalah cara bagaimana menghilangkan update pada saat Shut Down atau Restart…

  • Buka registry, caranya ketik regedit pada Run, lalu tekan Enter.
  • Buka path berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows

  • Di bawah key Windows, buat key baru dengan nama WindowsUpdate.
  • Di bawah key WindowsUpdate yang baru dibuat, buat key baru dengan nama AU.
  • Di bawah key AU, buat binary value dengan nama NoAUAsDefaultShutdownOption. Isi value data dengan angka 1.
  • Tutup jendela registry anda dan restart komputer untuk mengetahui hasilnya. Saat restart ini masih meminta update ya? Sabar, ini terakhir kalinya kok.
  • Setelah komputer anda logon, coba hasilnnya dengan melihat menu Shut Down. Jika berhasil, tulisan update itu tidak ada lagi.

Jika anda malas atau tidak mengerti untuk mengutak-atik registry, anda bisa mengubahnya dengan cara otomatis tanpa membuka registry. Pertama, silakan download file ini. Setelah terdownload, silakan ekstrak dan jalankan dengan cara double klik atau klik kanan lalu pilih Merge. Jika muncul jendela konfirmasi silakan pilih Yes. Restart komputer anda untuk mengetahui hasilnya.

Selamat berjuang!

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat