Semua Jawaban Salah?

Saat menghadapi ujian tertulis dalam bentuk pilihan ganda, baik di sekolah atau di manapun itu, kita tentu pernah menjumpai soal dengan pilihan jawaban semacam: ‘semua jawaban benar’, ‘semua jawaban salah’, ataupun ‘a, b, c benar’. Bukan berniat mencari masalah, tapi saya hanya penasaran, benarkah soal dengan pilihan seperti itu? Saya tekankan, saya tidak membahas isi jawabannya, tetapi pilihan jawabannya.

Sebagai contoh, seandainya ada soal seperti berikut:

Di bawah ini yang termasuk benda cair adalah:
a. air
b. minyak tanah
c. bensin
d. semua jawaban benar

Jika anda yang disuruh mengerjakan soal itu, apa jawaban anda? Saya yakin, kita semua akan memilih d. Siapapun yang memilih a, b, atau c pasti akan disalahkan, ya ‘kan? Mengapa kita memilih d? Karena pilihan d sudah mencakup semuanya: a, b, maupun c sudah termasuk di dalamnya. Namun pertanyaannya, jika semua jawaban benar, mengapa orang yang menjawab a, b, atau c disalahkan? Salah mereka apa? Bukankah semua jawaban benar? Silakan jawab pertanyaan itu masing-masing.

Mari kita lihat contoh kedua:

Di bawah ini yang termasuk benda cair adalah:
a. batu
b. besi
c. kayu
d. semua jawaban salah

Kita sepakat, pilihan jawaban dari pertanyaan itu adalah d. Tapi dengan tegas saya katakan: “Jika anda memilih d, maka jawaban anda salah”. Lho, kok bisa? Coba anda perhatikan kata-kata di pilihan d : ‘semua jawaban salah’. Jika semua jawaban salah, bukankah d juga salah? Jika semua jawaban salah, mari kita salahkan pembuat soal 🙂

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat