Lucid Dream, Mengendalikan Mimpi Seperti di Film Inception

Lucid dream atau mimpi sadar adalah mimpi di mana seseorang sadar bahwa dia sedang bermimpi. Anda mungkin pernah mengalaminya, seperti yang beberapa kali saya alami. Tidak seperti mimpi biasa yang suasananya selalu buram dan tidak jelas, lucid dream terasa lebih nyata, jelas, dan detail; mungkin kualitas BlueRay gitu, hehe..

Seorang ilmuwan lucid dream bernama Paul Tholey menyatakan, suatu mimpi bisa disebut lucid dream jika memenuhi kondisi:

  • sadar berada dalam mimpi
  • kesadaran untuk memutuskan sesuatu dalam mimpi itu
  • kesadaran akan fungsi ingatan
  • kesadaran akan diri sendiri
  • kesadaran akan lingkungan dalam mimpi
  • kesadaran akan arti mimpinya
  • kesadaran akan konsentrasi dan fokus (tempat terlihat nyata)

Lucid dream bisa dibedakan menjadi dua:

  • Lucid dream akibat mimpi, yaitu ketika seseorang sedang bermimpi normal dalam tidurnya, ia menyadari begitu saja bahwa dia sedang bermimpi. Lucid dream jenis ini disebut dream-initiated lucid dream (DILD).
  • Lucid dream akibat terjaga, yaitu ketika seseorang terjaga dari tidurnya (dalam keadaan bermimpi atau tidak) lalu tertidur lagi dan bermimpi, sehingga dia bermimpi dalam keadaan sadar. Lucid dream jenis ini disebut wake-initiated lucid dream (WILD).

Lucid dream dapat terjadi secara kebetulan maupun disengaja. Hah, disengaja? Jika terjadi kebetulan, mungkin kita sering mengalaminya. Tapi disengaja?

Para ilmuwan melakukan penelitian akan lucid dream dan bahkan beberapa di antaranya menemukan tips untuk pelatihan mengendalikan mimpi. Mimpi kok dilatih? Saat seseorang sedang mengalami lucid dream , seseorang bisa dengan sadar melakukan apa yang dia mau dalam mimpinya (anda pernah mengalaminya?). Inilah yang menyebabkan para ilmuwan mengembangkan cara bagaimana melatih agar seseorang dapat mengendalikan mimpi. Seseorang dengan kemampuan ini akan bermimpi sesuai dengan apa yang dia imajinasikan, seperti dalam film Inception yang dibintangi Leonardo di Caprio. Kita bisa mimpi jalan-jalan ke luar negeri atau bahkan ke luar angkasa sesuka kita. Asyik bukan?

Orang yang bisa menjelajah dan mengendalikan mimpi disebut Oneironaut. Bagaimana cara melatih agar bisa mengendalikan mimpi? Karena saya sendiri belum pernah mempraktekkannya, maka saya tidak berani menuliskannya. Namun bagi yang berminat mencobanya silakan tanya Mbah Google, di sana ada banyak tips-triknya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat