Mimpi dalam Mimpi

Setelah sebelumnya kita membahas tentang lucid dream atau mimpi sadar, sekarang kita akan mengupas sedikit tentang mimpi dalam mimpi. Mungkin sebagian dari anda pernah suatu ketika merasa telah terbangun dari mimpi, tetapi kemudian menyadari bahwa anda belum bangun dari tidur dan masih bermimpi. Itu berarti anda mengalami lucid dream, yaitu mimpi di mana anda sadar bahwa anda sedang bermimpi. Bukan hanya itu saja, anda juga sudah mengalami mimpi di dalam mimpi, atau ada yang menyebutnya mimpi berbingkai. Dengan demikian ada dua mimpi: mimpi tingkat pertama (mimpi yang biasa kita alami) dan mimpi tingkat kedua (mimpi di dalam mimpi pertama).

Apa bedanya mimpi berbingkai dengan lucid dream? Sering orang menyebut bahwa mimpi berbingkai adalah lucid dream, tapi bukan begitu tepatnya. Yang lebih tepat adalah mimpi berbingkai termasuk lucid dream. Mengapa demikian? Karena biasanya orang yang bermimpi dalam mimpi akan menyadari bahwa dia sedang bermimpi, biasanya setelah terbangun dari mimpi tingkat kedua.

Jika ada mimpi tingkat pertama dan kedua, apa mungkin ada mimpi tingkat ketiga, keempat, dan seterusnya? Tentu saja ada. Sebenarnya pertanyaan ini bisa dijawab masing-masing jika anda pernah mengalaminya.

(Lagi-lagi) dalam film Inception, diceritakan bagaimana seseorang bisa masuk ke dalam mimpi lalu di dalam mimpi itu masuk lagi ke dalam mimpi yang disebut mimpi tingkat kedua, lalu di dalam mimpi tingkat kedua itu masuk lagi ke dalam mimpi tingkat ketiga, dan seterusnya. Yang paling menarik dalam film ini adalah tentang relativitas waktu dalam setiap tingkatan mimpi. Pada saat bermimpi otak bekerja 20 kali dibanding dalam keadaan normal, sehingga rentang waktunya pun menjadi 20 kali lipat dibanding waktu normal. Tidak heran jika anda bermimpi berkelana seharian tetapi setelah bangun ternyata hanya tertidur selama satu-dua jam.

Bagaimana dengan rentang waktu dalam mimpi tingkat dua dan selanjutnya? Waktu dalam mimpi tingkat kedua berarti 20 kali dari waktu dalam mimpi tingkat pertama, waktu dalam mimpi tingkat ketiga berarti 20 kali dari waktu dalam mimpi tingkat kedua. Jadi jika anda tertidur selama 1 jam, maka rentang waktu dalam mimpi tingkat ketiga adalah 1*20*20*20=8000 jam atau 333 hari! Jika mimpi itu adalah mimpi indah, tentu menyenangkan. Tapi bagaimana dengan mimpi buruk? Tidak akan terjadi jika kita bisa mengendalikan mimpi kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat