Planet Nine, Planet Pengganti Pluto

Beberapa waktu lalu, Planet Pluto didepak dari posisinya sebagai planet, dan ‘diturunkan’ derajatnya menjadi planet kerdil (baca: Pluto, sang ‘Mantan’ Planet). Namun, selama ini para ilmuwan sangat meyakini masih ada planet lain yang bakal ditemukan. Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel tentang Planet Nine, yaitu planet ke-sembilan dalam tata surya kita. Saat itu saya tidak terlalu mengerti karena artikel yang saya baca berbahasa Inggris yang mengandung banyak istilah sains. (Bahasa Indonesia aja belum tentu ngerti, hehe..). Namun karena penasaran saya pun tetap mencari tahu tentang Planet Nine ini.

Dengan keyakinan para ilmuwan selama ini tentang keberadaan planet ke-sembilan, akhirnya Mike E. Brown dan Konstantin Batygin dari  California Institute of Technology (Caltech) berhasil membuktikan keberadaan Planet Nine ini. Perlu dicatat di sini, mereka baru bisa membuktikan keberadaannya, namun belum menemukannya. Penjelasan mudahnya, misal ada sebuah jalan berlumpur dengan bekas ban mobil di situ, maka kita bisa membuktikan bahwa ada mobil yang melintasi jalan itu sebelumnya, namun kita belum tahu di mana mobil itu sekarang berada. Namun begitu, Mike dan Konstantin sendiri menyatakan keyakinan mereka 90 persen akan keberadaan Planet Nine. Lebih meyakinkan dari keyakinan para ilmuwan sebelumnya yang hanya 40-60 persen.

Namun meskipun Planet Nine belum ditemukan, ciri-cirinya sudah bisa dilihat, atau lebih tepatnya diperkirakan. Planet Nine memiliki ukuran 10 kali lipat dibanding bumi, atau hampir sama dengan Neptunus. Dengan ukuran itu, Planet Nine akan bisa dilihat dengan jelas dengan teleskop yang ada pada saat ini. Saat ditemukan di masa depan, teleskop yang lebih canggih tentu akan dapat melakukannya lebih jelas. Masa revolusinya terhadap matahari adalah 20.000 tahun.

Lalu kapankah Planet Nine akan ditemukan? Tidak usah repot-reppot menunggunya, biarlah para ilmuwan itu yang penasaran…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat