Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Alami

Bagaimana caranya seseorang mempelajari bahasa? Tanpa kursus atau private les, setiap manusia yang lahir di dunia ini mempelajari bahasa sesuai dengan lingkungannya berada. Orang yang lahir di Inggris tentu saja sudah pandai berbahasa Inggris semenjak balita. Orang yang lahir di Bantul akan lancar berbahasa Jawa sejak kecil. Lalu mengapa begitu susah seseorang mempelajari bahasa asing ketika sudah dewasa?

Secara alamiah, seorang bayi akan mempelajari bahasa sekitarnya. Tidak susah untuk mengerti akan hal ini. Seorang dewasa akan lebih mudah menguasai suatu bahasa jika dia tinggal di lingkungan orang-orang yang selalu menggunakan bahasa tersebut. Misalnya seorang perantau dari Medan akan lancar berbahasa Sunda setelah lima tahun tinggal di Bandung. Itulah yang saya maksud dengan belajar secara alami.

Nah, pertanyaannya: bagaimana kita bisa lancar berbahasa Inggris jika kita tetap tinggal di Indonesia, bukan di Inggris, Australia, atau Amerika Serikat? Caranya adalah berkumpul dengan orang-orang lain yang juga sedang belajar Bahasa Inggris, kemudian mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggrisnya dengan percakapan bersama mereka. Saat ini banyak (mungkin semua) lembaga kursus bahasa atau komunitas yang melakukan hal ini. Namun bagaimana jika anda tidak memiliki teman atau komunitas belajar Bahasa Inggris?

Tenang, masih banyak kok cara belajar Bahasa Inggris secara alami tanpa harus tinggal di Inggris atau berkumpul dengan komunitas belajar bahasa Inggris. Berikut caranya:

1. Menonton film berbahasa Inggris

Menonton film, aktivitas ini jangan hanya dijadikan sebagai hiburan, tapi seharusnya juga menjadi sarana edukasi. Jika anda menonton film Hollywood, jangan hanya perhatikan teks terjemahannya saja, tapi dengarkan baik-baik apa yang diucapkan para tokoh dalam film. Perhatikan kata-kata dan cara pengucapannya. Anda bisa lebih mengerti apa yang diucapkan karena anda tahu terjemahannya dari subtitle. Jika ada yang tidak jelas atau tidak mengerti, jangan malu untuk mem-backward dan kembali coba mendengarkannya. Pada awalnya mungkin sulit, tapi setelah sering menonton film berbahasa Inggris anda akan sadar bahwa kemampuan berbahasa Inggris anda jauh lebih baik dari sebelumnya. Oh ya, untuk permulaan saya sarankan untuk memilih film animasi, karena suara dan pengucapan film yang di-dubbing akan terdengar jauh lebih jelas.

2. Mendengarkan dan menyanyikan lagu berbahasa Inggris

Ini adalah cara belajar yang sangat menyenangkan. Dengarkan lagu berbahasa Inggris sambil memperhatikan liriknya, lalu ikutlah bernyanyi. Jangan malu ditertawakan teman karena suara yang fals atau pengucapan Bahasa Inggris yang tidak pas. Dengan sering menyanyikan lagu berbahasa Inggris, kemampuan speaking anda pun meningkat. Jangan lupa pula untuk menerjemahkan lirik-lirik yang anda nyanyikan. Ini untuk menambah penguasaan kosakata Bahasa Inggris anda.

3. Berteman dan chatting dengan orang dari luar negeri

Cobalah berteman dengan orang luar negeri melalui social media seperti Facebook. Lalu ajaklah chatting dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tidak harus orang Inggris atau Amerika. Orang-orang India atau dari Benua Afrika pun jadi. Bahkan berdasarkan pengalaman saya pribadi, mereka yang berasal dari negara berkembang terkesan lebih ramah dan mau diajak ngobrol dibanding yang berasal dari Eropa atau Amerika Serikat. Tapi anda juga harus berhati-hati, karena saat ini banyak kasus penipuan melalui chatting dengan orang-orang asing. Jadikan chatting dengan mereka sebagai sarana belajar dan berteman.

4. Membaca buku atau tulisan apa saja yang berbahasa Inggris

Jika anda suka membaca novel, cobalah membaca novel berbahasa Inggris, bukan terjemahan Indonesia-nya. Jangan lupa sediakan kamus di samping anda. Saat pertama kali anda membaca novel berbahasa Inggris, mungkin anda akan sangat sering membuka kamus untuk mengartikan kosakata yang tak anda mengerti. Jangan menyerah, seiring waktu anda akan semakin jarang membuka kamus, bahkan akhirnya anda tak membutuhkan kamus lagi.

Semuanya menyenangkan bukan? Bahkan kesannya tidak belajar, semuanya tampak seperti bersenang-senang. Silakan sesuaikan dengan hobi anda masing-masing dan praktekkan paling tidak salah satu saja. Saya sudah membuktikan semuanya. Saya tidak bilang Bahasa Inggris saya bagus, tapi yang pasti jauh lebih baik dibanding sebelum saya melakukan keempatnya dan tanpa saya sadari saya telah belajar banyak.

NB: Sebenarnya tips ini berlaku untuk semua bahasa asing, namun paling mudah untuk melakukannya jika anda ingin belajar Bahasa Inggris, karena paling mudah untuk mendapatkan film, lagu, buku, dan teman yang berbahasa Inggris dibanding dengan bahasa asing lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat