Gunung yang Lebih Tinggi dari Everest

Membaca judul artikel ini mungkin anda akan heran. Memangnya ada yang lebih tinggi dari Eevrest? Bukankah Everest adalah gunung tertinggi di dunia? Umumnya kita ketahui Everest sebagai gunung tertinggi di dunia. Memang, puncak Everest adalah permukaan bumi yang tertinggi di dunia, yaitu mencapai 8.848 meter dari permukaan laut. Tidak ada yang menyangkal hal itu. Tapi benarkah Everest adalah gunung tertinggi di dunia?

Tertinggi dari atas permukaan laut bukanlah tinggi sebenarnya dari gunung itu. Misalnya tinggi badan saya adalah 170 cm dan tinggi badan anda 180, maka kita sepakat bahwa anda lebih tinggi dari saya. Jika saya naik dan berdiri di atas meja yang tingginya 70 cm, tinggi saya pun tetap 170 cm. Bedanya, kali ini tinggi puncak kepala saya dari permukaan lantai menjadi 240 cm. Analogi seperti itulah yang selama ini kita anggap sebagai pengetahuan tentang Everest. Puncak kepala saya boleh jadi lebih tinggi dari puncak kepala anda, tapi bukan berarti badan saya lebih tinggi dari anda. Puncak Everest memang merupakan daratan tertinggi di dunia, namun bukan berarti Everest adalah gunung tertinggi di dunia.

Jika Everest bukan gunung tertinggi di dunia, lalu gunung mana yang tertinggi di dunia? Ternyata ada beberapa gunung yang lebih tinggi dari Gunung Everest.

Mauna Loa

Yang pertama adalah Mauna Loa. Gunung ini memiliki puncak tertinggi hanya 4.170 meter dari permukaan laut, namun di bawah permukaan laut sampai ke kaki gunung mencapai 5.000 meter (sepertinya ini masih perkiraan). Jika dihitung dari dasar laut, maka tingginya mencapai 9.170 meter.  Menurut Wikipedia, Mauna Loa biasa disebut gunung tertinggi di dunia jika dihitung dari dasar laut. Namun sepanjang pengetahuan saya selama ini, gunung yang tertinggi adalah gunung yang kedua berikut ini.

Mauna Kea

Gunung yang kedua adalah Mauna Kea. Puncak tertingginya adalah 4.205 meter dari permukaan laut, sementara di bawah laut mencapai 5.000 meter (mungkin ini juga hanya perkiraan), berarti total ketinggiannya mencapai 9.005 meter, lebih tinggi dari Mauna Loa.

Gunung Chimborazo

Gunung Chimbarazo adalah yang ketiga. Gunung ini dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia jika dihitung dari pusat bumi. Seperti kita ketahui, bentuk bumi tidaklah bulat sempurna, tapi pepat pada kedua kutubnya. Dengan kata lain, permukaan bumi pada bagian khatulistiwa memiliki jarak yang lebih jauh dari pusat bumi. Gunung Chimborazo memiliki puncak 6.272 meter dari permukaan laut, tapi lebih jauh 2.150 dari pusat bumi dibanding Everest.

Nah, gunung-gunung di atas bisa kita sebut lebih tinggi dari Mount Everest. Mungkin ada lagi gunung lain yang lebih tinggi (jika dihitung dari dasar laut atau pusat bumi)? Silakan kirimkan di kolom komentar jika ada 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat