Da Vinci’s Demons: Antara Fakta dan Fiksi (2)

<< Sebelumnya<<

Teman-teman Da Vinci

  • Lucrezia Donati

Salah satu karakter penting dalam Serial Da Vinci’s Demons adalah Lucrezia Donati, seorang wanita cantik yang digambarkan sebagai kekasih Leonardo, selir Lorenzo de Medici, dan juga putri dari Paus Sixtus IV yang asli.

Berdasarkan sejarah, Lucrezia Donati adalah istri dari Niccolo Ardinghelli, seorang kardinal Gereja Katholik Roma. Ada beberapa rumor tentang hubungan Lucrezia dengan Lorenzo, namun tak ada catatan yang mebuktikan hal itu. Namun ada catatan tentang bagaimana Lorenzo jatuh cinta pada Lucrezia dan menulis banyak puisi untuk wanita itu. Lorenzo bahkan menyuruh Andrea Verrochio melukis sosok Lucrezia. Akan halnya hubugan Lucrezia dengan Leonardo Da Vinci, mereka tidak pernah bersama sepereti dalam Da Vinci’s Demons (dalam serial ini bahkan Leo yang melukis Lucrezia)

Leonardo da Vinci & Lucrezia Donati

  • Andrea Del Verrocchio

Andrea Del Verrocchio (Andrea di Michele di Franceso de Cioni) adalah seorang pelukis, pandai emas, dan pematung yang merupakan guru dari banyak nama penting seperti Leonardo da Vinci, Francesco Botticini, Pietro Perugino, Lorenzo di Credi dan Domenico Ghirlandaio di studio kerjanya di Florence. Dia melakukan banyak pekerjaan untuk keluarga Medici, baik berupa lukisan maupun hasil pahatan, dan dia meninggal di Venice pada tahun 1488 (usia 53), tidak seperti dalam serial TV (dibunuh oleh Carlo de Medici).

  • Zoroaster (da Peretola)/Tommaso Masini

Satu karakter favorit dengan tingkah dan ucapan konyolnnya, Zoroaster, juga diadaptasidari tokoh nyata. Aslinya adalah Zoroaster da Peretola, atau dikenal juga Tommaso Masini. Anak seorang tukang kebun, dinyatakan sebagai anak haram dari saudara ipar Lorenzo de Midici, Bernardo Rucellai.

Dia adalah teman da VInci dan bekerja di istana Sforzas sebagai mekanik dan pesulap, dan dalam sejarah menjadi orang pertama yang terbang dalam salah satu mesin da Vinci (memang berhasil, tapi jatuh kakinya patah). Dalam beberapa catatan, disebutkan juga kalau dia menyukai ilmu gaib atau ilmu sihir. Dalam serial, tokoh yang menjadi kelinci percobaan da Vinci untuk terbang adalah Nico.

  • Niccolò Machiavelli

Karakter Nico (Niccolò di Bernardo dei Machiavelli ) di Da Vinci’s Demons diadaptasi dari sosok nyata yang sangat berperan dalam sejarah Florence. Niccolo Machiavelli adalah seorang diplomat, strategist militer, sejarawan, humanis, politikus, dan penulis yang diakui sebagai bapak dari ilmu dan etika politik modern. Mengenai hubungannya dengan Da Vinci, perbedaan usia mereka adalah 17 tahun, tidak seperti dalam serial kan? Mereka memang pernah bekerja bersama dalam beberapa hal, yang paling tampak adalah saat mereka mengalihkan aliran Arno River  untuk menghubungkan Florence. Dalam serial juga sedikit sekali diceritakan tentang kejeniusan politiknya.

Zoroaster, Leonardo, Nico, Vanessa

  • Amerigo Vespucci

Amerigo Vespucci adalah seorang navigator, penjelajah, dan pembuat peta yang bekerja pada keluarga Medici, angkatan laut Portugis dan Spanyol. Dia adalah seorang Florentine yang dianggap sebagai teman Da Vinci berrdasarkan banyak catatan sejarah. Dia mellakukan banyak pelayaran ke benua Amerika. Nama Amerika pun diambil dari namanya. Tidak ada catatan yang menceritakan tentang perjalanan Leonardo dengan Amerigo Vespucci mencari the Book of Leaves atau pun sesuatu yang mendekati, mereka hanya sama-sama bekerja pada keluarga Medici.

  • Caterina – Ibunda Da Vinci

Dalam banyak catatan, Ibunda Leonardo da Vinci digambarkan sebagai wanita petani yang menjadi selingkuhan  Piero da Vinci. Tetapi, studi tentang rekonstruksi dan pengujian sidik jari Leonardo da Vinci menunjukkan kalau Caterina aslinya dari Timur Tengah.Beberapa ilmuwan Italia juga mengatakan kalau ibunda da Vinci adalah seorang budak dari Afrika yang menjadi pembantu di rumah Piero da Vinci.

Caterina, tidak seperti dalam serial, sama sekali tidak ada hubungannya dengan Kekhalifahan Utsmaniyah dalam hal apapun dan tidak pernah ikut campur dalam serangan ke Otranto. Hubungannya dengan pencarian the Book of Leaves juga hanyalah fiksi.

>>Selanjutnya>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat