Mengapa Bergidik Saat Pipis?

Saat buang air kecil atau pipis, untuk sesaat biasanya tubuh akan bergidik. Saya tidak tahu apakah para cewek mengalami hal itu, tapi kami para cowok mengalaminya. Tetapi setelah penjelasan berikut mungkin kami akan sepakat menebak kalau para wanita juga mengalaminya. Sebenarnya apa yang terjadi pada saat kita pipis sehingga badan terasa menggigil selama sesaat, atau lebih tepatnya bergidik?

Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya, tubuh kita sangat responsif terhadap perubahan suhu di sekitarnya. Temperatur yang meninggi akan direspon tubuh salah satunya dengan menghasilkan keringat, temperatur yang lebih rendah dari suhu tubuh akan direspon dengan cara menggigil (Baca: Mengapa Tubuh Kita Berkeringat? dan Mengapa Tubuh Menggigil Saat Kedinginan?). Menggigil adalah proses otot-otot tubuh untuk menaikkan temperatur tubuh agar tetap bertahan pada suhu normal. Lalu apa hubungannya dengan respon tubuh yang bergidik saat pipis?

Saat tubuh mengeluarkan urine, panas tubuh yang ada di dalamnya ikut terbuang. Kita semua tahu, urine yang baru keluar saat pipis pasti terasa hangat. Terbuangnya panas tubuh yang relatif banyak dalam waktu singkat itu direspon tubuh dengan menaikkan kembali temperatur tubuh, caranya ya dengan menggerakkan otot-otot tubuh yang kita rasakan sebagai sensasi bergidik. Hal ini sebenarnya sama dengan saat kita menggigil karena kedinginan. Bedanya jika saat kedinginan kita butuh menggigil sekian lama untuk melawan hawa dingin hingga temperatur sekitar meninggi, saat pipis kita hanya butuh bergidik sesaat untuk mengembalikan suhu tubuh kembali ke normal.

Jadi, sebenarnya cewek bergidik juga gak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat