Seberapa Luaskah Galaksi Bima Sakti?

Di mana kamu tinggal? Jika ada yang menanyakan hal itu, biasanya kita akan menjawab dengan alamat kita, jalan ini nomor sekian, atau mungkin nama kota, atau kalau sedang berada di luar negeri pasti kita akan menjawab dengan negara asal kita. Tapi bagaimana jika yang bertanya adalah seorang alien? Kalau kita jawab kita tinggal di bumi, belum tentu mereka tahu apa dan di mana Planet Bumi berada. Paling tidak, kita harus menyebutkan di galaksi mana kita tinggal. Mungkin sebagian dari kita tidak sadar kan kalau kita ini penghuni galaksi? Ya, kita adalah makhluk penghuni galaksi, dan galaksi yang kita huni adalah Galaksi Bima Sakti atau Milky Way.

Galaksi adalah gugusan besar bintang-bintang yang berkumpul karena gaya gravitasi. Seberapa besar? Silakan diperkirakan sendiri ya… Matahari kita yang sebenarnya adalah bintang, adalah salah satu bintang dari sekitar 200 miliar bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti! Mungkin semua yang bisa kita lihat di langit adalah bagian dari galaksi ini.

Matahari berada di sekitar 25.000 tahun cahaya dari pusat galaksi. Lebar Galaksi Bima Sakti berkisar antara 80.000-120.000 tahun cahaya, tapi tebalnya ‘hanya’ 7.000 tahun cahaya. Itu seberapa luas ya? Supaya lebih mudah membayangkannya, bayangkan saja lapangan bola. Jika Galaksi Bima Sakti adalah lapangan bola, maka tata surya kita adalah sebutir pasir yang berada di lapangan. Bisa dibayangkan?

Letak Matahari dalam Galaksi Bima Sakti

Ukuran dan Bagian-bagian Galaksi Bima Sakti

Tata surya kita berorbit mengelilingi Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 155 mil per detik (250 km per detik). Kencang ya? Sangat kencang. Tapi karena begitu luasnya Galaksi Bima Sakti, untuk mengelilinginya tata surya kita membutuhkan waktu 200-250 juta tahun!

Jika searching di Google, akan ditemukan tak terhitung gambar/foto dari Galaksi Bima Sakti. Tapi tahukah anda tahu kalau semua itu bukanlah foto-foto yang sebenarnya? Ya, belum pernah ada pesawat antariksa yang mencapai luar galaksi, jadi bagaimana mungkin ada yang mem-fotonya? Gambaran yang selama ini kita lihat adalah hasil dari pengamatan para astronom dengan menggunakan teleskop dan perhitungan mereka akan galaksi kita.

Seberapapun besarnya Bima Sakti, galaksi ini hanyalah satu dari sekian banyak galaksi dalam kelompok yang oleh para astronom disebut Local Group. Seorang astronom bernama Edwin Hubble pada tahun 1920 menyatakan bahwa Bima Sakti hanyalah salah satu dari sekitar 200 miliar galaksi di seluruh jagat raya! Bayangkan, sebarapa besar kita dibandingkan alam semesta?

Lebih jauh lagi, Galaksi Bima Sakti bukan termasuk galaksi yang luas dibandingkan dengan galaksi yang lain, mendekatinya pun tidak. Sebagai perbandingan, Galaksi Andromeda diperkirakan terdiri atas satu triliun bintang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat