Menyelesaikan Rubik Master Pyramorphix dengan Rumus Rubik Biasa

Rubik Master Pyramorphix atau yang biasa disingkat Mastermorphix memiliki bentuk yang menyerupai piramid, hanya saja ujung-ujungnya tidak runcing, tapi membulat. Dalam keadaan normal bentuknya enak dipandang, namun ketika diacak, bentuknya sangat berantakan; bahkan bagi yang belum pernah rasanya seperti mimpi buruk untuk menyelesaikannya. Saya sendiri sempat mendiamkannya selama setahun setelah membelinya karena melihat tampangnya yang begitu saja sudah mematahkan semangat. Namun setelah setahun cube itu menganggur saya pun mulai googling mencari solusi bagaimana menyelesaikan cube ini. Hasilnya? Terlalu ribet untuk diceritakan. Akhirnya saya mencari tahu sendiri cara kerja Mastermorphix ini.

 

 

 

Menurut bentuknya, Mastermorphix memiliki 4 corner, 4 center, 6 edge, dan 12 non-center. Tapi saya tidak akan membahas itu. Karena yang akan saya bagi di sini adalah menyelesaikan Mastermorphix menurut cara saya sendiri, maka saya akan menerangkan bagian-bagiannya menurut saya sendiri.

Pada dasarnya, Master Pyramorphix memiliki cara kerja yang sama dengan rubik biasa (3x3x3). Mastermorphix memiliki 26 piece yang terdiri dari 6 center (2 warna), 12 edge (1 warna yang besar), dan 8 corner (4 yang 1 warna kecil dan 4 yang 3 warna). Karena bentuknya berbeda dengan rubik biasa maka ketika diacak bentuknya pun menjadi menyeramkan. Begini bagian-bagian Mastermorphix Cube:

Bagaimana dengan rumus-rumusnya? Karena yang akan kita gunakan adalah rumus rubik biasa, maka kita harus sepakat dulu bagaimana posisi dan cara memutarnya (untuk sementara gambar yang tersedia hanya pada saat cube dalam keadaan normal; saat dalam keadaan acak, silakan menyesuaikan):

Layer Depan (F)

Layer Kanan (R)

Layer Kiri (L)

Layer Atas (U)

Layer Bawah (D)

Layer Belakang (B)

Untuk notasi rumus F, U, R, L, B, D berarti memutar layer 90 derajat dengan arah sesuai pada gambar (searah jarum jam). Untuk notasi dengan tanda ‘ yaitu  F’, U’, R’, L’, B’, D’ berarti memutar layer 90 derajat dengan arah berlawanan dengan arah pada gambar (berlawanan arah jarum jam).

Setelah tahu bagian-bagian Master Pyramorphix, mari kita bahas bagaimana cara menyelesaikannya dengan rumus rubik biasa. Tentu saja, syarat pertama untuk mengikuti rumus ini adalah harus sudah bisa menyelesaikan rubik biasa 3x3x3. Rumus yang saya gunakan adalah rumus menyelesaikan rubik 3x3x3 layer by layer. Sebenarnya bisa dengan rumus rubik 3x3x3 yang mana saja, namun untuk menghemat rumus maka saya pilih cara yang ini. Itu pun tidak semua rumus bisa digunakan.

 

CARA MENYELESAIKAN RUBIK MASTER PYRAMORPHIX

 

1. Buatlah cross. Begini bentuknya:

 

2. Letakkan cross di bawah.

Begini jadinya:

3. Masukkan corner layer pertama (bawah).

Corner adalah piece yang memiliki 3 warna dan 1 warna (segitiga kecil). Cara memasukkannya adalah sama dengan rubik biasa, yaitu:

 

 

Untuk kondisi yang lain, silakan menyesuaikan. Bagi yang sudah berpengalaman menyelesaikan rubik biasa, tentu tidak kesulitan untuk memasukkan corner layer bawah ini ke tempatnya. Ingat-ingat saja yang mana itu corner.

 

4. Masukkan edge pada layer kedua.

Edge adalah piece satu warna berbentuk trapesium. Untuk menempatkan edge ke tempatnya gunakan rumus:

Untuk kondisi yang lain silakan menyesuaikan seperti halnya jika kita menyelesaikan rubik biasa.

Layer 1 dan Layer 2 selesai.

Lanjut ke Layer 3.

 

5. Buatlah edge-edge sisi atas sedemikian rupa hingga dua edge yang berwarna sama memiliki arah yang berlawanan.

Caranya sama dengan membuat cross atas pada rubik biasa, yaitu dengan rumus:

 

atau dengan rumus:

Kondisinya tidak selalu sama seperti pada 2 gambar di atas. Untuk kondisi yang lain, silakan menyesuaikan. Tenang saja, bagaimanapun kondisinya bisa diselesaikan dengan salah satu rumus di atas.

 

6. Aturlah agar 2 warna dari corner 3 warna yang berada terlihat dari atas sesuai dengan dua warna sisi yang terlihat dari atas.

Begini kondisi yang diminta:

Pada gambar di atas bisa kita lihat, sisi layer pertama dan kedua yang menjadi kaki layer atas adalah warna biru dan kuning. Maka: posisikan corner 3 warna sedemikian rupa hingga warna biru dan kuning berada di atas.

Caranya membuatnya yaitu dengan salah satu rumus OLL, yaitu:

 

7. Putar center atas ke posisi yang benar sesuai dengan warna dua sisi di bawahnya.

 

8. Letakkan corner-corner pada tempatnya, cukup dengan 2 rumus PLL ini:

 

 

9. Letakkan edge-edge pada tempatnya, cukup dengan 2 rumus PLL ini:

Jika pada rubik biasa kita melakukan rumus itu cukup sekali, maka pada Mastermorphix kita harus melakukannya 4 kali. Mengapa? Karena saat kita melakukan rumus ini, maka salah satu center pada layer kedua akan berubah. Pada saat kita melakukan ini pada rubik biasa perubahan ini tidak terlihat karena hanya terdiri dari satu warna.

 

10. Sampai nomor 8, ada kemungkinan rubik Mastermorphix sudah terselesaikan. Jika belum, maka begini kondisi yang memungkinkan:

Dua edge terbalik posisinya.

Cara menyelesaikannya dengan rumus nomor 5. Hanya saja di sini kita menggunakan rumus ini bukan untuk membuat dua edge sewarna yang searah menjadi berlawanan arah, tetapi untuk membalikkan edge yang meeamng sudah berlawanan arah. Dua edge yang tertukar posisinya dibalikkan dengan rumus nomor 5 (hasilnya akan tetap berlawanan arah), dan lanjutkan ke langkah 6 dan seterusnya hingga selesai.

Demikian cara menyelesaikan rubik master pyramorphix dengan rumus rubik biasa. Sekedar saran, untuk melakukannya dibutuhkaan ketekunan, keuletan, telaten, dan pantang menyerah. Bahkan bagi yang sudah hapal rumus rubik biasa sekalipun, saya sarankan untuk melakukannya sambil melihat rumus. Mengapa? Dari pengalaman saya sendiri, karena sudah terbiasa bermain rubik biasa, maka gerakan-gerakan yang saya lakukan adalah refleks, hingga ironisnya ketika melakukanya pelan-pelan maka saya malah lupa. Selamat mencoba!!

One Response to Menyelesaikan Rubik Master Pyramorphix dengan Rumus Rubik Biasa

  1. Zuhri says:

    Langkah nomer 10 kurang jelas maksudnya,sebutin aja rumusnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat