Blogger yang Angin-anginan

Sebagai blogger atau penulis secara umum, apakah anda pernah mengalami saat-saat di mana anda tidak bisa menemukan ide sama sekali sebagai bahan tulisan anda? Atau pernahkah anda kebanjiran ide hingga bisa menyelesaikan lima atau lebih artikel dalam sehari? Atau pernahkah anda menemukan sekian banyak ide namun tak otak anda mampet dan sama sekali tidak mampu menuangkan ide-ide itu menjadi artikel?

Jika anda pernah mengalami hal itu, anda tidak sendirian. Saya dan mungkin semua penulis atau blogger pasti pernah mengalaminya.

Menulis, sebagaimana pekerjaan lainnya adalah hal yang mudah bagi yang memiliki hobi dan keahlian di bidangnya. Namun tidak seperti pekerjaan lainnya, selain memerlukan keahlian menulis juga membutuhkan mood. Seorang montir mungkin akan tetap memperbaiki motor dengan sempurna meski sedang dalam keadaan tidak mood. Seorang petani mungkin akan tetap mencangkul kebunnya meski suasana hatinya sedang galau. Namun menulis tidaklah demikian. Pekerjaan ini berbeda dengan pekerjaan lainnya.

Suasana  hati sangat mempengaruhi kemampuan untuk menulis. Bukan sesuatu yang mengherankan sebenarnya, karena menulis adalah proses menuangkan ide. Ide berasal dari pikiran. Pikiran yang sedang suasananya sedang tidak tepat akan menghambat proses pegembangan ide. Kadang kalau sedang mandek, mau diperas bagaimanapun tak akan menghasilkan bahkan satu kata.

Di awal saya sudah katakan bahwa setiap penulis pasti pernah mengalami kemampetan dalam menulis. Lalu mengapa begitu banyak penulis yang selalu menghasilkan tulisan-tulisan baru, bahkan mungkin setiap hari?

Alasan yang mungkin bisa dipaparkan adalah mereka yang menghasilkan tulisan lebih banyak mempunyai mood mendukung yang lebih banyak ketimbang mood buruknya. Sebaliknya, seorang dengan mood buruk yang lebih sering hinggap akan menyebabkan kreatifitas tulisannya terhambat. Perbandingan ini tentu di luar faktor keahlian dan kesempatan untuk menulis. Di sini kita hanya membandingkan berdasarkan mood.

“Ingin selalu kreatif? Jaga mood anda.”

Lebih jelasnya, jika seseorang ingin kreatifitas anda meningkat, maka jagalah selalu mood anda. Jangan membiarkan mood buruk terlalu lama hinggap di pikiran anda. Kalau demikian yang terjadi, anda akan menjadi seperti saya yang angin-anginan dan jarang posting, hehe…

Bagaimana caranya agar mood menulis anda selalu stabil? Saya sendiri sedang belajar sedikit demi sedikit. Lain kali akan saya bagi-bagi tipsnya……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat