Fakta Lain Tentang Kelelawar yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Selain tidur dengan posisi terbalik (Kelelawar, Hewan dangan Posisi Tidur Paling Aneh), kelelawar juga memiliki fakta-fakta unik lain yang mungkin belum kamu ketahui. Beberapa di antaranya adalah:

Kelelawar adalah mamalia.

Ya, mungkin kamu tidak menyangka, tapi nyatanya kelelawar adalah salah satu binatang menyusui. Selain paus, kelelawar adalah mamalia dengan jenis yang bisa dibilang berbeda dengan jenis lainnya. Tidak sampai di situ saja uniknya, ternyata kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Lebih lanjut lagi, kelelawar adalah satu-satunya mamalia penghisap darah. Dan lebih mengejutkan lagi, ternyata populasi kelelawar mencapai seperlima atau 20 persen dari seluruh populasi mamalia di dunia! Bagaimana mungkin kita menyangka kalau 20 persen dari mamalia bukanlah mamalia?

Memiliki 900-1200 spesies

Bagi kita yang jarang apalagi tidak pernah melihat langsung wujudnya, seluruh kelelawar sepertinya sama. Tapi siapa menyangka, ternyata kelelawar itu beragam jenisnya, ada yang mengatakan 900 bahkan ada yang bilang mencapai 1200 spesies! Pantas saja hewan ini jumlahna mencapai seperlima dari keseluruhan populasi mamalia.

Ada kelelawar seukuran Batman

Dari sekian banyak spesies kelelawar, ukurannya tentu bermacam-macam pula. Jenis kelelawar terbesar adalah Flying Foxes (genus Pteropus) yang rentang sayapnya mencapai 1,5 – 1,8 meter (seukuran rentang tangan manusia ya?), dan beratnya mencapai 998 gram; sedangkan jenis kelelawar terkecil adalah Bumblebee yang rentang sayapnya hanya mencapai 3 cm dan beratnya hanya 2 gram.

 

Ada di mana saja

Kelelawar terdapat di mana saja, kecuali Arktika, Antarktika, dan beberapa pulau. Tapi mengapa kita jarang berjumpa dengan kelelawar? Ya, tentu saja karena mereka memilih bersembunyi di tempat yang tidak kita ketahui dan malas kita kunjungi.

Terbang 50 km sehari

Pada malam hari, kelelawar terbang mencari mangsa dan kembali mencari tempat istirahat di pagi hari. Sepanjang malam, kelelawar bisa menempuh jarak hingga 50 km. Kelelawar biasanya selalu berkoloni, yang jumlahnya 100-1000 ekor.

Tidur di siang hari

Kalau yang ini pasti sudah tahu semuanya. Ya, kelelawar adalah salah satu hewan noctural, yaitu hewan yang tidur di siang hari dan beraktivitas di malam hari. Kelelawar tidur dengan posisi terbalik, yaitu kaki di atas kepala di bawah dengan bergantung pada kakinya.

Jago Makan

Makanan kelelawar ada berbagai macam, berbeda tiap species. Ada yang memakan bunga, serbuk sari, dedaunan, maupun serangga. Tahukah kamu kalau kelelawar itu jago makan? Flying Fox Malaya misalnya, memakan makanan seberat setengah dari berat tubuhnya. Kelelawar vampir bahkan lebih ‘hebat’, memakan makanan hingga dua kali berat tubuhnya. Bayangkan jika kamu yang berat badannya 50 kg memakan makanan hingga 100 kg! Ada lagi kelelawar coklat yang memangsa hingga 1000 serangga kecil dalam 1 jam! Berarti satu malam bisa belasan ribu serangga. Dasar tukang makan!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat