Barapakah Jumlah Kaki si Kaki Seribu?

Kaki seribu, nama hewan ini sangat akrab di telinga kita, meski bagi sebagian orang sangat jarang melihatnya secara, tapi hampir pasti pernah melihatnya. Yang paling dikenal ketika kita menyebut nama binatang ini tentu saja kakinya yang berjumlah banyak. Begitu banyaknya sampai kita menyebutnya seribu. Tapi tahukah anda berapa jumlah si kaki seribu sebenarnya?

Sebelum menghitung sendiri pada hewan aslinya, mari kita berkenalan secara tak langsung dulu. Hewan kaki seribu adalah kelas Didlopoda yang merupakan filum arthropoda(hewan berbuku-buku) yang termasuk dalam  subfilum Myriapoda (hewan berkaki 10.000). Contoh hewan kaki seribu adalah keluwing. Selain kaki seribu, arthropoda yang termasuk Myriapoda adalah kelabang (lipan).

Ordo yang termasuk Myriapoda memiliki nama yang menunjukkan jumlah kakinya. Selain Didlopoda, yang lainnya adalah kelas Chilopoda (hewan berkaki seratus). Pertanyaannya, benarkah hewan kaki seribu memiliki kaki berjumlah seribu? Dan juga, apakah hewan berkaki seratus memiliki kaki sebanyak seratus?

Ternyata tidak. Tubuh kaki seribu beruas-ruas (namanya juga hewan berbuku-buku), dan setiap ruas memiiki sepasang kaki. Jumlah ruas setiap jenis hewan kaki seribu berbeda, berkisar antara 25-100 ruas. Jadi, jumlah kakinya kira-kira 50-200. Tidak sesuai dengan namanya ya? Ternyata manusia sedikit lebay dalam memberi mereka nama.

Bagaimana dengan Chilopoda atau hewan kaki seratus? Dari namanya, seharusnya kelas ini memiliki kaki lebih sedikit dibanding kaki seribu. Namun ternyata ada Chilopoda yang ruas tubuhnya mencapai 177 segmen, Dengan begitu beliau memiliki kaki sebanyak 174 x 2 = 148 kaki (segmen kepala dan dua segmen ekor tidak memiliki kaki). Memang mencapai ratusan, tapi jenis Chilopoda yang lain hanya memiliki beberapa ruas saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Live Chat

Join the Live Chat