Tanzanian Laughter Epidemic, Wabah Tawa Aneh yang Pernah Terjadi

Jika mendengar kata wabah atau epidemi, biasanya kita langsung terpikir tentang suatu penyakit. Tapi pernahkah kamu mendengar tentang wabah tawa atau epidemi tertawa? Ya, wabah aneh ini pernah terjadi pada tahun 1962 lalu di Afrika, tepatnya di Tanganyika (sekarang Tanzania).

Bagaimana wabah aneh ini bisa terjadi?
Berawal dari 30 Januari, tiga orang gadis di asrama sekolah di Desa Kashasha, Tanzania yang bercanda, tertawa, dan mulai bertindak aneh, tertawa lepas terus menerus tak bisa berhenti, sampai menangis.. Widih….

Yang lebih aneh lagi, tingkah aneh tiga gadis remaja ini menlular ke teman-temannya. Bukan hanya ke satu dua orang, tapi hingga 95 siswi yang terkena wabah ini, atau kira-kira 60 persen dari 159 siswi di sekolah ini. Mereka tertawa tanpa henti hingga berjam-jam dan berhari-hari! Wow…

Tingkah aneh mereka bukan itu saja, mereka juga tampak gelisah, paranoia, dan cenderung melakukan tindakan kekerasan, meski tidak parah. Bisa kamu bayangkan, puluhan orang di sekitar kita tertawa terpingkal-pingkal tanpa sebab sampai menangis dan bertingkah aneh lainnya? Seram…

Karena wabah ini, kegiatan belajar mengajar di sekolah ini pun dihentikan dan para siswi dipulangkan. Namun hal ini justru berakibat lebih parah: wabah ini menyebar ke para tetangga, meluas ke desa-desa lain, dan makin meluas tak terkendali bahkan hingga ke negara tetangga! Kenya dan Uganda adalah negara tetangga yang ikut merasakan epidemi tawa ini.

Yang jadi pertanyaan adalah: bagaimana wabah ini bisa terjadi. Sebagaimana kita yang awam melihat hal ini sebagai sesuatu yang aneh, begitu pula dengan para ilmuwan. Para peneliti bisa dibilang gagal dalam menyelidiki penyebabnya, bahkan sampai sekarang. Tidak ditemukan adanya keracunan, infeksi atau penyakit apapun pada objek. Hanya beberapa hipotesa yang mereka simpulkan.

Wabah ini berlangsung hingga 18 bulan, menyebabkan 14 sekolah ditutup dan lebih dari 1000 orang menderita gara-gara tertawa. Kasihan…

Lalu bagaimana wabah ini bisa berakhir? Ini juga sesuatu yang aneh. Sebagaimana munculnya yang tanpa sebab, wabah ini pun berakhir tanpa diketahui mengapa dan bagaimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat