Bagaimana Ikan Bernapas dalam Air?

Bisakah kamu bernapas dalam air? Jangan pernah mencoba. Alat pernapasn kita yang berupa paru-paru tidak mendukung kita untuk bernapas di dalam air. Sekali tarik napas kita akan tersedak bahkan bisa menyebabkan kematian. Lalu bagaimana dengan binatang air seperti ikan?

Tidak seperti manusia atau hewan darat lainnya, kebanyakan ikan bernapas menggunakan organ yang disebut insang. Insang ini biasanya terletak di kanan kiri bagian kepala (belakan mulut) yang terlindungi oleh tutup insang. Bagaimana cara mereka bernapas?

Untuk mendapatkan oksigen, ikan memasukkan air ke dalam mulut dan mengeluarkannya melalui insang. Ya, seperti kita ketahui, air tentu saja mengandung oksigen. Biasanya ikan terlebih dulu membuka mulut lalu menghisap air masuk, lalu membuka tutup insangnya dan air keluar dari sana.

Di dalam insang ada filamen-filamen. Air yang masuk dari mulut akan melewati filamen-filamen ini.  Filamen-filamen ini terdiri dari lamela-lamela. Darah yang mengalir melalui lamela akan mengikat oksigen dan melepaskan karbondioksida dari dan ke air. Setelah itu air pun keluar melalui tutup insang yang membuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat