Area 51: Tempat Penelitian Paling Misterius

Pernah mendengar tempat bernama Area 51? Kawasan ini terletak di bagian selatan Nevada, yang merupakan wilayah Amerika Serikat. Sejak dulu tempat ini sangat terkenal dengan kemisteriusannya. Mengapa demikian? Ya, Area 51 merupakan tempat milik pemerintah Amerika Serikat yang sangat dirahasiakan apa saja yang ada dan terjadi di dalamnya.

Selama lebih dari 50 tahun, tak ada tempat yang lebih misterius di Amerika Serikat dibanging Area 51 ini. Apakah tempat ini benar-benar ada? Apakah benar ada jasad alien beserta pesawat ruang angkasanya di sana?

Area 51 merupakan fasilitas militer super rahasia yang masih aktif hingga kini. Tidak seperti kebanyakan legenda yang beredar, sebenarnya Area 51 tidak ada hubungannya dengan alien maupun pesawat ruang angkasa (UFO).

Sebenarnya wajar saja mengapa mitos atau legenda tentang Area 51 ini merebak. Area 51 dibangun pada tahun 1955 sebagai bagian dari komplek Nevada Test and Training Range. Area 51 terletak di lembah dan dikelilingi pegunungan yang terbatas bagi orang untuk mengetahuinya. Letaknya berdekatan dengan Groom Lake, sebuah danau kering yang sangat cocok sebagai landasan pesawat besar.

Area 51 dibangun sebagai fasilitas uji coba pesawat mata-mata super rahasia yang kini diketahui sebagai U-2 Spy Plane. Tak seperti pesawat lain masa itu yang umumnya terbang di ketinggian 10.000 – 20.000 kaki, U-2 Spy Plane dapat terbang menyelesaikan misi hingga ketinggian 60.000 kaki.

Ketika orang-orang, termasuk para pilot pesawat komersial maupun militer melihat pesawat dengan ketinggian ini, tentu saja mereka heran. Pesawat yang dikembangkan ini sangatlah rahasia dan jarang terlihat. Mereka yang kebetulan melihatnya dari jarak yang lumayan dekat, pasti langsung berpikir kalau itu adalah pesawat dari angkasa luar!

Dari sinilah mitos akan alien dan UFO dimulai. Kebanyakan dari mereka seolah memiliki sumber yang dapat dipercaya. Mengapa para pilot ini sampai bisa membuat cerita palsu ini sedemikian rupa? Pemerintah mendiamkan hal ini, tentu saja ini disengaja agar publik teralihkan, alih-alih penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan Area 51, malah fokus pada cerita karangan ini.

Ketertarikan para pengunjung akan alien pun meningkat di sekitar Area 51. Nevada bahkan mengganti nama jalan yang menuju Area 51 (State Route 375) menjadi Extraterrestrial Highway. Para peminat alien dan UFO ini rajin melewati E.T. Highway sambil berharap bisa melihat alien, UFO, atau sesuatu yang aneh di sana.

Meskipun nyatanya mereka tak pernah melihat alien atau UFO, namun mungkin saja mereka pernah melihat sekilas pesawat yang sedang diuji coba di Area 51. Setelah U-2 Spy Plane, banyak lagi jenis pesawat yang diuji coba di Area 51, termasuk A-12 “Blackbird”, F-117 Stealth Fighter, dan B-2 Stealth Bomber. Bagaimana dengan sekarang? Apa yang terjadi di sana? Masih misteri.

Area 51 masih merupakan fasilitas uji coba yang sangat misterius, dan pemerintah pun tak mengizinkan publik untuk mendekat area ini. Jarak paling dekat yang bisa dijangkau oleh orang umum masih 15 mil lagi dari Area 51. Kawasan larangan terbang di atas Area 51 membentuk persegi yang luasnya mencapai 575 mil persegi. Itu semua merupakan Area 51 saja.

Luas keseluruhan dari Nevada Test and Training Range mencapai lebih dari 5200 mil persegi, membentang dari Gurun Nevada hingga Las Vegas. Termasuk batas-batasnya, Nevada Test Site 1600 mil perseginya merupakan kawasan yang masih terkontaminasi radiasi dari uji coba bom nuklir.

Bagaimana dengan nama Area 51? Nama ini berawal dari peta lama Nevada Test Site yang menamakan area di sekeliling Groom Lake sebagai Area 51. Ketika proyek U-21 Spy Plane dimulai, Lockhead menamai area ini Paradise Ranch untuk menarik perhatian para pekerja. Kini, Area 51 dikenal sebagai National Classified Test Facility.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat