Sungai Ini Airnya Mendidih dan Mampu Membuat Anda Matang dalam Sekejap

Jika membicarakan sungai, mungkin sebagian orang akan membayangkan sejuknya air sungai di pegunungan dan pedesaan yang indah. Atau bagi yang tinggal di kota besar mungkin akan membayangkan air sungai yang tercemar. Apapun itu, tidak akan ada yang membayangkan hingga seseram fakta mengenai sungai yang akan kita bahas ini. Ya, sungai yang ini memiki suhu air yang tinggi, bahkan hingga mendidih! Bisa dipastikan, manusia atau hewan yang nyemplung ke dalamnya akan matang dalam sekejap!

Sungai apakah itu? Adalah sebuah sungai di hutan Amazon, tepatnya di Peru.

Selama berabad-abad, di antara penduduk asli Peru sudah tersebar cerita mengenai sungai dengan air mendidih ini. Menurut legenda, dulu ada rombongan bangsa Spanyol yang mencari emas menjelajah ke hutan, namun kembali dalam jumlah yang sedikit. Mereka bercerita bahwa rekan-rekannya itu tewas terkena air yang mengandung racun, dimakan ular, dan juga air sungai yang mendidih.

Bagi seorang ahli geologi Peru, Andres Ruzo, cerita yang didengarnya sejak kecil ini begitu mengagumkan. Sampai akhirnya setelah dia menyelesaikan gelar doktoralnya dia mulai mencari tahu akan kebenaran cerita ini. Dan sebagaimana para ahli lainnya, dia pun meyakini bahwa cerita itu tidak benar. Sungai dengan air panas memang ada, namun biasanya dikarenakan karena gunung berapi, dan tidak ada gunung berapi di kawasan ini.

Namun ketika Ruzo menanyakan pada ibu dan bibinya, mereka malah mengatakan bahwa sungai itu benar-benar ada. Ruzo pun penasaran dan akhirnya diapun menjelajah sendiri hutan Amazon untuk melihat dengan matanya sendiri sungai aneh ini.

Penuh rasa tidak percaya, akhirnya ilmuwan ini membuktikan sendiri akan keberadaan sungai ini. Rata-rata suhu air sungai ini adalah 86 derajat Celcius, tidak sampai mendidih namun hampir mendidih. Keberadaan sungai ini bukan sekedar mitos!

Yang menakjuban adalah besarnya sungai ini. Banyak mata air panas yang suhunya hingga sepanas sungai ini, namun tak ada yang selebar, sedalam, dan sepanjang sungai ini. Lebar sungai ini mencapai 25 meter dan kedalaman 6 meter, dan mengalir dengan suhu setinggi itu hingga 6,24 kilometer! Wew….

Gunung berapi yang terdekat berada sejauh 700 km dari sungai ini. Jadi apa yang menyebabkan sungai ini begitu panas? Memang sangat tidak masuk akal, dan sungai yang begini adalah satu-satunya di dunia. Ruzo sampai menghabiskan waktu lima tahun untuk mempelajari sungai ini, dari air sampai ekosistem sekitarnya, dan tentu saja penyebab panasnya air.

Dengan suhu air yang tinggi ini, sering kali ada hewan terjatuh ke dalamnya dan berakhir dengan matang dan mati. Namun ada juga orang-orang yang mandi dan berendam di sungai ini. Hah? Ya, tapi ini hanya bisa dilakukan setelah hujan lebat, yang tentu saja menyebabkan suhu air sungai turun. Dalam kesehariannya, sungai ini biasa digunakan untuk masak dan membuat teh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat