Cara Menyelesaikan Rubik 4x4x4 dengan Rumus Sederhana

Syarat utama untuk bisa menyelesaikan rubik 4x4x4 adalah kita terlebih dulu harus bisa menyelesaikan rubik 3x3x3. Mengapa demikian? Karena kita akan menganggap rubik 4x4x4 ini sebagai rubik 3x3x3. Jika belum bisa menyelesaikan rubik 3x3x3, silakan buka cara menyelesaikan rubik 3x3x3 di sini.

Berikut adalah langkah-langkah menyelesaikan rubik 4x4x4…

1. Membuat Center

Pada rubik 3x3x3 seperti yang sudah kita tahu, center memang sudah ada sedemikian rupa. Namun bagaimana dengan rubik 4x4x4? Center pada rubik ini memiliki 4 piece untuk masing-masing center, yaitu:

Namun untuk menyelesaikan rubik 4x4x4 kita dituntut untuk membentuk center ini menjadi center yang sudah jadi, yaitu keempat piece memiliki warna yang sama, seperti gambar berikut:

Untuk menentukan warna apa menempati sisi yang mana, sangat dianjurkan kita mengetahui dan mengingat warna ‘resmi’ di sisi masing-masing. Seperti halnya rubik 3x3x3, rubik 4x4x4 juga memiliki warna resmi yang sama di setiap sisinya, yaitu: depan = biru, belakang = hijau, kanan = merah, kiri = orange, bawah = putih, atas = kuning.

Nah, yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan empat bagian center berwarna sama di satu tempat, yaitu tempatnya yang seharusnya. Seperti halnya membuat cross pada rubik 3x3x3, tidak ada rumus untuk membuat center ini, hanya menggunakan insting dan kebiasaan. Semakin sering kita melakukannya, semakin cepat kita bisa menyelesaikannya.

2. Menyatukan edge yang sepasang

Pada rubik 4x4x4, edge terdiri atas 24 piece. Karena kita akan menganggap rubik ini sebagai rubik 3x3x3, maka kita harus memasangkan 2 edge yang sejenis menjadi satu edge. Begini maksudnya:

Jelas kan?

Bagaimana cara memasangkannya? Begini rumusnya:

 

Rumus di atas bisa dimodifikasi menjadi seperti berikut:

 


 

Jika sudah hampir selesai biasanya akan terjadi seperti ini..

3. Anggap sebagai rubik 3x3x3, dan selesaikan!

Setelah langkah nomor 2 selasai, maka bentuknya akan menjadi seperti ini:

Bentuk ini bisa kita anggap sama dengan rubik 3x3x3, yaitu jika 4 piece sewarna di tengah kita anggap sebagai satu center dan dua edge sepasang kita anggap sebagai satu edge. Seolah-olah bentuknya begini:

Nah, jika sudah begini, selesaikanlah seperti anda menyelesaikan rubik 3x3x3, terserah dengan menggunakan metode apa. Ingat, ketika menggerakkan layer yang di tengah, maka gerakkan dua-duanya, jangan salah satunya, karena kita menganggap dua layer di tengah adalah satu layer.

Namun kadang tidak semudah itu menyelesaikan rubik 4x4x4. Ada dua masalah yang biasanya terjadi:

  • Saat menyamakan warna sisi atas.

Kadang terjadi yang seperti ini:

Jika begini, lakukan rumus ini:

r U2 r U r U2 r U2 r’ U2 r’ U 2R’ U’ r U2 r U2 r’ U2 r’ U 2R2 U2 r’ U2 r’

Jangan panik jika rubik menjadi berantakan. Memang begitu. Setelah melakukan rumus itu kita harus mengulanginya dari membuat cross, lalu selesaikan (dan kali ini seharusnya bisa).

  • Saat memperbaiki posisi edge

Kadang terjadi seperti ini:

Jika ini terjadi, maka selesaikan dengan rumus:

(R2 D’ r2 U2 F2) 2R2 (F2 U2 r2 D R2)

Jika yang terjadi adalah kondisi lain, maka gunakan rumus kombinasi antara beberapa rumus PLL sehingga kondisinya menjadi seperti di atas, lalu gunakan rumus ini. Setelah itu ulang dari awal, yaitu membuat cross dan menyelasaikannya seperti biasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat