Benarkah Tulang Rusuk Laki-laki Kurang Satu?

Kita sering mendengar kalimat wanita diciptakan dari tulang rusuk pria. Hal ini bukanlah ungkapan asal-asalan ataupun sekedar mitos. Hal ini tertulis dalam beberapa hadits sahih, di antaranya:

“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.”(HR. Muslim)

Bahkan Al Qur’an sendiri menyatakan bahwa wanita diciptakan dari bagian tubuh pria:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (An-Nisaa : 1)

Bahkan menurut kitab agama samawi lain pun dikatakan demikian. Lalu di mana masalahnya?

Masalahnya adalah ketika kita mendengar orang-orang berkata “tulang rusuk pria kurang satu, karena yang satu diambil untuk menciptakan wanita“. Sejak kecil, kita pasti sering mendengar pernyataan ini. Tapi benarkah demikian?

Dulunya sih saya percaya saja. Bahkan ketika ada yang bilang “coba saja periksa, pasti kurang satu”, saya mencoba menghitung tulang rusuk saya sendiri, apa benar beda jumlahnya antara yang kanan dan yang kiri. Dan hasilnya tidak ada, karena memang susah menghitung sambil meraba-raba begitu 😀

Jawabannya ada pada pelajaran IPA atau Biologi saat materi anatomi tubuh manusia. Di situ dijelaskan apa dan bagaimana bentuk tulang rusuk sebenarnya. Ternyata tulang rusuk berjumlah 12 pasang, yang terdiri atas 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang. Semuanya genap berpasangan, tidak ada yang setengah pasang.

Jadi, tulang rusuk pria sama banyaknya dengan tulang rusuk wanita? Ya, tentu saja sama. Allah menciptakan makhluknya dengan sempurna, jika ada manusia yang lahir cacat itu tidak masuk hitungan. Maksud sempurna di sini adalah dalam kondisi normal, tentu saja.

Lalu bagaimana dengan pernyataan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk pria? Dalam hal ini, Hawa sebagai wanita pertama diciptakan dari tulang rusuk Adam. Apakah itu merupakan dongeng belaka?

Sebenarnya tidak sulit untuk memahami hal ini. Diciptakannya wanita dari tulang rusuk pria tidak akan mempengaruhi bentuk pria itu sendiri. Ada tiga kemungkinan yang menurut saya bisa menjelaskan hal ini:

  1. Seseorang yang kehilangan salah satu atau beberapa bagian tubuhnya tidak akan mempengaruhi bentuk keturunannya. Misalnya seorang yang tangannya buntung karena kecelakaan, apakah dia akan memiliki anak yang terlahir bungung pula? Tentu saja tidak. Jadi seandainya pun tulang rusuk adam kurang setengah pasang, itu tidak akan mempengaruhi jumlah tulang rusuk keturunannya.
  2. Menciptakan dari tulang rusuk tidak berarti dari keseluruhan tulang rusuk atau satu tangkai tulang rusuk. Saat ini kita tahu, makhluk hidup bisa diciptakan dengan hanya rekayasa genetika. Hanya dengan setitik bagian tubuh saja bisa didapat DNA dan dapat tercipta makhluk hidup. Jadi kemungkinannya adalah hanya setitik bagian saja dari rusuk Adam yang diambil untuk diciptakan menjadi Hawa. Jika hanya setitik, tentu saja tidak akan terlihat. Bahkan jika keturunan Adam tetap kehilangan setitik itu, tetap tidak terlihat.
  3. Kemungkinan berikutnya, mungkin saja sebelumnya Adam memiliki rusuk yang lebih banyak dari kita saat ini. Yah, anggap saja 13 pasang (bukan mengada-ada, tapi ini permisalan). Dan kemudian yang sepasang diambil untuk menciptakan wanita, dan wanita ini diciptakan dengan rusuk 12 pasang. Akhirnya Adam dan Hawa memiliki jumlah rusuk yang sama, yaitu 12 pasang, begitu juga dengan keturunannya.

Tiga kemungkinan di atas tidak ada yang pasti, karena itu adalah pencarian menurut logika saya sendiri yang sangat meyakini akan kebenaran Al Qur’an dan Hadits. Allah Maha Berkuasa dan Mengetahui atas segala sesuatu… Namun yang pasti, jangan pernah lagi latah ikut-ikutan bilang tulang rusuk pria lebih sedikit dari wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat