Mungkinkah Wiro Sableng Masuk Tim Avenger?

Pertanyaan ini mungkin aneh, mengingat dunia super hero kita ini sangat jauh berbeda dengan dunia Avenger. Semesta Avenger adalah semesta Marvel, karakternya juga tentu saja diambil dari komik-komik Marvel. Tapi kita sedang membicarakan Avenger versi film, atau yang lebih dikenal dengan Marvel Cinematic Universe (MCU). Apapun bisa terjadi di sini, jalan ceritanya tidak harus sama persis dengan di komik. Tapi, mungkinkah? Berikut adalah kemungkinan dan angan-angan seandainya Wiro Sableng masuk dalam tim Avenger, atau setidaknya dalam jagad Avenger.

Mungkinkah?

Sebelum mengkhayal lebih jauh, kita bahas kemungkinannya terlebih dahulu. Mungkinkah Wiro Sableng masuk dalam jagad Avenger?

Sebagaimana kita ketahui berbagai rumor mengenai superhero-superhero yang akan masuk ke dalam tim Avenger, seperti Captain Marvel yang sudah pasti, Deadpool atau pun X-Men, hingga Batman yang notebene adalah milik DC, bukan Marvel. Nah, bagaimana bisa rumor-rumor tersebut merebak? Semua punya alasan.

Sampai saat ini X-Men, termasuk Deadpool dan Fantastic Four tidak masuk dalam semesta MCU dikarenakan hak patennya sudah ada pada 20th Century Fox, sementara yang berhak atas MCU adalah Walt Disney. Nah, saat ini sudah beredar kabar bahwa Disney akan (atau sudah ya?) mengakuisisi Fox. Jika ini benar, berarti kemungkinan bergabungnya X-Men dan yang lainnya bukanlah tidak mungkin.

Lalu bagaimana dengan Wiro Sableng? Seperti kita tahu, hak distribusi film Wiro Sableng: The 212 Warrior dipegang oleh Fox, yang tentu saja Wiro Sableng akan menjadi milik Disney. Hanya saja saya kurang pasti apakah Fox juga berhak atas film Wiro Sableng selanjutnya yang hamper pasti dibuat. Jadi, mungkinkah?

Jika sudah mungkin, lalu apa yang akan kita bahas? Saya akan mengajak pembaca semua untuk berandai-andai jika jagoan local kita masuk jagad MCU….

Garis Waktu

Kita semua tahu, latar waktu Pendekar 212 Wiro Sableng adalah ratusan tahun lalu. Bagi pembaca setia serial Wiro Sableng, kita pasti tahu bahwa garis waktu cerita Wiro Sableng kadang  tidak sesuai dengan garis waktu sejarah yang kita pelajari di buku-buku sejarah. Sebelum rangkaian episode Wasiat Iblis (Buku ke 83), garis waktu Wiro Sableng bisa dibilang kacau balau. Di satu episode Wiro berada di masa Kerajaan Pajajaran, di episode lain berada di Kerajaan Majapahit, di lain episode Kerajaan Singasari, lalu Kerajaan Cirebon, Mataram, dan sebagainya. Jadi sebenarnya Wiro Sableng ini hidup di jaman apa sih?

Namun semenjak episode Wasiat Iblis hingga seterusnya, Bastian Tito selalu menuliskan kerajaan dengan sebutan Kotaraja, tidak menyebutkan nama Kerajaannya. Menurut saya ini lebih bijak dibanding episode-episode sebelumnya.

Kesimpulannya, Wiro Sableng hidup ratusan tahun yang lalu. Lalu bagaimana mungkin Wiro bergabung dengan Avenger? Tidak susah kok. Di MCU ada Doctor Strange yang memiliki Batu Waktu (yang saat ini dikuasai oleh Thanos), jadi mudah saja untuk mendatangkan siapa saja dari masa lalu. Lagi pula, Deadpool sendiri bisa menjenguk Hitler saat masih bayi. Dari sisi lain, dalam semestanya sendiri, Wiro pernah terpesat ke masa lalu sebanyak dua kali, yakni ke masa 1200 tahun silam dan ke masa 800 tahun silam. Dalam cerita Boma Gendenk, bahkan Wiro menembus ke masa kini (saat itu tahun 2000)

Kekuatan

Lalu bagaimana dengan kekuatan? Apakah Wiro layak menjadi bagian dari tim Avenger? Yang perlu diingat, saya tidak ‘mengharuskan’ Wiro menjadi anggota Avenger, namun masuk dalam jagad MCU. Tapi seandainya pun masuk, layakkah dia? Jawabannya adalah: ya, tentu saja. Mungkin kekuatan Wiro Sableng tidak se-spektakuler Thor, namun dia memiliki banyak kekuatan lain yang bisa dipakai untuk menyerang dari jarak jauh. Bagi pembaca setia novelnya, mereka pasti hafal nama-nama jurus dan pukulannya. Wiro juga menguasai Meraga Sukma, yang juga dimiliki oleh Doctor Strange.

Bagaimana dengan senjata? Kapak Wiro mungkin tidak seganas Palu Thor, tapi apa masalah? Bahkan Hawkeye dan Black Widow yang bisa dibilang ‘órang biasa’ bisa menjadi anggota Avenger.

(bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat