Berapa Tahun Indonesia Dijajah Belanda? (2)

Baca bagian sebelumnya: Berapa Tahun Indonesia Dijajah Belanda? (1)

Sekarang mari kita hitung berapa tahun bangsa kita dijajah Belanda. Semasa penguasaan VOC, jelas wilayah Nusantara tidak dijajah, tapi hanya mitra dagang, apapun cara dan praktek perdagangan ini. Pemerintah Belanda mulai menjajah bangsa kita sejak 1 Januari 1803 hingga 1807 (4 tahun) dan sejak 1814 hingga 1942 (128 tahun). Jika ditotal, maka hanya 132 tahun Belanda menjajah Indonesia. Jadi mengapa kita sering menyebutnya 350 tahun??

Penelusuran kronologi sejarah di atas menjelaskan siapa dan berapa lama bangsa kita dijajah sejak dulu. Ternyata tidak sampai 350 tahun dijajah Belanda. Tidak sampai di sini saja ungkapan Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun disalahkan. Kerancuan pada nama Indonesia sendiri ada. Kita tahu, nama Indonesia baru muncul pada abad 19, dan Indonesia baru resmi menjadi negara mulai 17 Agustus 1945. Jika mengacu pada hal ini, maka berarti Indonesia tidak pernah dijajah Belanda! Memang setelah Perang Dunia II berakhir tentara Belanda kembali lagi ke Indonesia, namun bukan sebagai Belanda, melainkan tentara Sekutu, yaitu NICA.

Tentara NICA Tahun 1947

Jadi, buat apa kita susah-susah menelusuri kronologi sejarah di atas kalau ternyata Indonesia tidak pernah dijajah Belanda? Tidak seperti di berbagai sumber lain yang langsung menyalahkan ungkapan Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, di sini saya akan menyalahkan tetapi juga membenarkan.

Saya menyalahkan, tentu saja berdasarkan kronologi sejarah di atas. Tapi mengapa saya membenarkan? Saya membenarkan dengan asumsi bahwa ketika VOC yang bercokol di Nusantara, maka bangsa kita sebenarnya memang telah dijajah. Bukan oleh negara (pemerintah) Belanda, namun oleh Bangsa Belanda, karena VOC juga Bangsa Belanda. Dan yang dijajah bukanlah negara Indonesia (karena saat itu negara Indonesia belum ada), tetapi bangsa kita. Saya tulis bangsa kita dengan huruf tebal dengan maksud untuk mempertegas bahwa yang saya maksud adalah bangsa kita. Apapun nama negara kita saat itu, bangsa kita tetaplah bangsa kita. Dan saat Belanda dikuasai Perancis, Belanda tetaplah ada, jadi tetap saja kita dikuasai Belanda kan? Berarti kita dijajah Belanda sejak 1602 sampai 1942 = 340 tahun atau kita bulatkan menjadi 3,5 abad. Kok seenaknya saja membulatkan? Ya, kita kan membahas sejarah, bukan matematika. Kalau ingin menghitung secara tepat tentu kita akan menghitung bulan dan harinya juga bukan? Repot amat šŸ˜›

Selain siapa yang menjajah bangsa kita dan munculnya nama Indonesia, masalah lain yang sering disinggung saat membahas berapa lama Indonesia dijajah Belanda adalah: tidak semua wilayah di Indonesia pernah dikuasai Belanda, dan tidak semua wilayah yang dikuasai itu dijajah selama 3,5 abad. Kalau soal ini, saya akan menganalogikannya dengan tiga kata: Saya digigit semut. Ketika saya mengatakan itu, apa berarti sekujur badan saya digigit semut? Tidak. Bisa jadi hanya kaki saya yang digigit seekor semut, atau hanya tangan saya. Jadi, meskipun sepanjang 3,5 abad Bangsa Belanda tidak pernah menguasai keseluruhan wilayah yang sekarang menjadi Negara Indonesia, tetap saja bisa dikatakan mereka menjajah Indonesia, apapun namanya sebelum menjadi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Live Chat

Join the Live Chat