Mengapa Siku Serasa Kesetrum Saat Terbentur?

Ini pasti sering, atau paling tidak pernah terjadi pada kita.  Saat siku tangan kita terantuk meja, pintu, tiang, atau apapun itu, kadang pada bagian yang terantuk itu terasa seperti tersengat yang mirip dengan rasa tersetrum listrik. Ada yang belum pernah kesetrum listrik betulan? Kalau belum pernah, jangan coba-coba ya! Mengapa siku yang terantuk bisa terasa seperti kesetrum?

Seperti halnya dengan bagian tubuh yang lain, pada siku tangan kita juga terdapat saraf yang akan merespon jika terjadi benturan atau sentuhan. Jika pada bagian tertentu akan terasa geli pada saat disentuh, itu karena saraf geli yang ada di situ. Begitu juga rasa sakit yang muncul saat kaki terbentur kursi, itu karena saraf yang ada pada bagian yang terbentur meneruskan benturan itu ke otak dan otak meresponnya sebagai rasa sakit. Bagaimana dengan rasa seperti kesetrum ini? Rasa kesetrum listrik ini juga disebabkan oleh saraf yang ada pada siku tangan, yaitu saraf ulnaris. Saraf ulnaris melaporkan benturan yang menimpanya pada otak dan otak meresponnya sebagai rasa seperti kesetrum.

Saraf ulnaris adalah saraf yang ada di dekat tulang ulna. Saraf ini adalah saraf terbesar yang tak terlindungi baik oleh tulang maupun otot, sehingga biasa mengalami cidera. Saraf ini langsung terhubung pada jari kelingking dan sebagian jari manis, bagian depan jari-jari ini, termasuk bagian depan dan belakang ujung-ujungnya sampai ke dasar kuku. Saraf ulnaris akan terasa kesetrum pada saat epikondilus medialis dari tulang lengan atas terbentur dari belakang atau dari bawah. Pada saat ini saraf ulnar terjebak di antara tulang dan kulit.

Rasa seperti kesetrum saat siku terbentur menyebabkan orang-orang menyebutnya funny bone atau kalau diterjemahkan berarti tulang lucu. Sebenarnya funny bone adalah sebutan untuk tulang lengan atas. Dalam Bahasa Inggris, tulang lengan atas adalah humerus, yang bisa diplesetkan menjadi humorous (lucu). Yah, meski terletak paling bawah, toh saraf ulnaris yang sering kesetrum itu tetap terletak di tulang lengan atas (humerus).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Live Chat

Join the Live Chat