Menampilkan File Dokumen (Word, Excell, PDF, Notepad) di Blogger/WordPress

Menampilkan file dokumen seperti Word, Excell, Power Point, maupun Notepad terkadang diperlukan untuk mempermudah penjelasan di artikel/postingan blog. Jika file dokumen terbilang besar hingga ratusan halaman mungkin sebagian pengunjung akan lebih memilih mendownloadnya, namun tidak sedikit pengunjung yang lebih memilih untuk melihat langsung file dari browser tanpa membuka terlebih mendownload ini itu lagi.

Agar pengunjung bisa melihat langsung isi dokumen, kita perlu menampilkannya langsung di postingan, misalnya file PDF beikut ini:

Bagaimana cara menampilkan file dokumen seperti itu?

Syarat pertamanya adalah kita harus memiliki akun Google, karena kita akan menampilkan file tersebut melalui Google Drive. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke akun Google Drive anda terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu, silakan buka http://www.drive.google.com lalu login dengan akun google anda.
  • Upload file dokumen yang ingin anda tampilkan di postingan ke akun Google Drive anda. File dokumen yang bisa ditampilkan misalnya Microsoft Word (.doc atau .docx), Microsoft Excell (.xls atau .xlsx), Power Point (.ppt), Notepad (.txt) ataupun PDF. Bagi yang belum tahu caranya mengupload file di Google Drive: Klik tombol ‘BARU’ di kiri atas Dashboard. Pilih Upload File, lalu pilih file dokumen yang akan anda tampilkan di postingan nanti.

 

  • Setelah file terupload, copy link file tersebut dengan cara klik kanan pada file dokumen yang kini sudah ada di Google Drive, lalu pilih “Dapatkan tautan yang bisa dibagikan”.

Kita hanya memerlukan kode unik dari file tersebut, bukan keseluruhan link. Misalnya file di atas link-nya adalah https://drive.google.com/open?id=0BwFZXsXttbiCdUNIOGVBVWxBa3M, maka kode unik file yang saya maksud adalah 0BwFZXsXttbiCdUNIOGVBVWxBa3M.

  • Copy kode berikut:

<iframe src=”https://docs.google.com/viewer?srcid=GantiDenganKodeUnikFile&amp;pid=explorer&amp;chrome=false&amp;embedded=true” width=”500″ height=”800″></iframe>

  • Buka Dashboard WordPress atau Blogger anda. Paste-kan kode iframe yang kita copy barusan ke postingan baru yang akan kita sisipkan file dokumen. Cara menyisipkannya pada WordPress adalah dengan membuka mode Text (bukan Visual) dan  pada Blogger adalah HTML (bukan Compose).
  • Ganti tulisan GantiDenganKodeUnikFile dengan kode unik file kita tadi hingga menjadi seperti ini:

<iframe src=”https://docs.google.com/viewer?srcid=0BwFZXsXttbiCdUNIOGVBVWxBa3M&amp;pid=explorer&amp;chrome=false&amp;embedded=true” width=”500″ height=”800″></iframe>

  • Ubah lebar dan tinggi halaman sesuai dengan selera dan besar dokumen anda dengan mengubah nilal width (lebar) dan height (tinggi).
  • Publish postingan anda, atau simpan perubahan dan silakan lihat hasilnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat