Membuat Daftar Tabel pada Microsoft Word

Untuk melengkapi dokumen yang kita buat, baik dalam bentuk laporan, karya ilmiah, atau apapun itu, ada kalanya kita perlu menambahkan daftar tabel. Selain membuat daftar isi, Microsoft Word juga mempunyai fitur untuk membuat daftar tabel otomatis. Bagaimana caranya?

Untuk membuat daftar tabel, yang perlu kita lakukan pertama kali adalah memberi Caption pada setiap tabel yang ada dalam dokumen. Caranya adalah klik kanan pada tabel, lalu pilih Insert Caption.

Akan muncul jendela Caption dari tabel:

Buat nama tabel. Misalnya kita buat namanya Tabel 1 Untuk Contoh. Jika sudah, klik OK. Hasilnya, akan ada nama tabel di atas tabel tersebut.

Lakukan ini pada setiap tabel yang ada pada dokumen, buat namanya masing-masing. Misalnya tabel 2 kita beri nama Tabel 2 Untuk Contoh 2, tabel berikutnya kita beri nama Tabel 3 Untuk Contoh 3, dan seterusnya.

Setelah semua tabel selesai diberi Caption, saatnya kita membuat daftar tabelnya. Letakkan kursor di halaman kosong yang akan kita buat daftar tabel. Pada menu References, kllik ikon Insert Table of Figures. Akan muncul jendela Table of Figures.

Di sini kita bisa memilih format daftar tabel yang kita inginkan, yang tampilannya seperti pada kotak Print Preview.

Show page numbers adalah pilihan untuk membuat nomor halaman. Jika diceklis, nomor halaman akan tampil.

Right align page numbers adalah pilihan batas kanan dari teks. Jika diceklis, maka nomor halaman akan berada di ujung kanan (rata kanan).

Tab leader adalah pilihan tampilan di antara nama tabel dan halaman.

Contoh daftar tabel yang sudah jadi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

Join the Live Chat